Bisa Menyebabkan Keguguran, Alasan Kenapa Pijat Berbahaya bagi Ibu Hamil

TrubusLife
Diah Fauziah
08 Feb 2019   06:30 WIB

Komentar
Bisa Menyebabkan Keguguran, Alasan Kenapa Pijat Berbahaya bagi Ibu Hamil

Ilustrasi. (FirstCry Parenting)

Trubus.id -- Beberapa waktu lalu, seorang ibu hamil di Provinsi Chiang Mai, Thailand, mengalami keguguran dan koma setelah melakukan pijat kaki. Menurut keluarga, pasien mengalami kejang usai dipijat kakinya. Sebelum dibawa ke rumah sakit, tukang pijat itu berusaha menyadarkannya, namun tidak berhasil.

Di rumah sakit, dokter menemukan bahwa pasien mengalami keguguran dan harus menjalani pembedahan untuk mengangkat janin yang mati. Sejak itu, pasien mengalami koma. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Masyarakat mengeluarkan pernyataan jika pijat dapat berbahaya bagi perempuan di berbagai tahap kehamilan mereka.

Baca Lainnya : Ibu Hamil Hati-hati, Parasetamol Berisiko pada Kesuburan Janin

"Perempuan hamil yang usia kandungannya kurang dari tiga bulan, harus menghindari pijatan karena dapat menyebabkan keguguran," kata dr. Khwanchai Visithanon dari Departemen Pengobatan Tradisional dan Alternatif Thailand, Rabu (6/2).

Khwanchai juga memperingatkan para ibu hamil yang usia kandungan lebih dari enam bulan agar berhati-hati ketika melakukan pijatan.

Baca Lainnya : Susu Kedelai Berbahaya bagi Ibu Hamil, Kenapa?

"Ibu hamil yang mau diipijat, harus mendatangi tempat di mana para tukang pijat merupakan praktisi pengobatan tradisional Thailand yang berkualitas dan telah menjalani setidaknya 800 jam pelatihan," katanya.

Dia menambahkan bahwa panti pijat yang disetujui oleh Departemen Dukungan Layanan Kesehatan diharuskan menggunakan pemijat dengan setidaknya 150 jam pelatihan. [DF]

 

 


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

9 Hal yang Sering Dikira Vegan Padahal Tidak

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 06:49 WIB
Bagikan:          

37°C Bukan Lagi Suhu Tubuh Normal Manusia, Lalu Berapa?

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 06:44 WIB
Bagikan:          
Bagikan: