PBB Tegaskan Rekor Suhu Terpanas 4 Tahun Terakhir

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
07 Feb 2019   23:00

Komentar
PBB Tegaskan Rekor Suhu Terpanas 4 Tahun Terakhir

Ilustrasi. (REMI Network)

Trubus.id -- Sejak catatan suhu global dimulai, PBB mengonfirmasi pada Rabu (6/2) bahwa empat tahun terakhir merupakan yang terpanas. Hal itu diungkapkan berdasarkan analis tentang perubahan iklim jangka panjang.

Sebelumnya, November 2018 lalu ditetapkan sebagai tahun terpanas keempat dalam sejarah menurut Organisasi Meterologi Dunia (WMO) PBB . Bahkan, WMO menekankan kebutuhan mendesak untuk mengendalikan pemanasan planet yang tak terkendali.

Baca Lainnya : Suhu Bumi Meningkat, Tersisa 12 Tahun untuk Atasi Perubahan Iklim

"Tren suhu jangka panjang jauh lebih penting daripada peringkat tahun individu. Tren itu ke atas, di mana suhu Bumi jadi lebih panas," kata Sekretaris Jenderal WMO, Petteri Taalas.

"Tingkat pemanasan selama empat tahun terakhir telah luar biasa meningkat, baik di darat maupun di laut," lanjutnya.

Dikatakan WMO, mengatakan suhu yang meningkat berkontribusi pada sejumlah peristiwa cuaca ekstrem seperti badai, kekeringan dan banjir bandang.

Baca Lainnya : Suhunya Memanas Dua Kali Lebih Cepat, Arktik Dalam Bahaya

"Banyak peristiwa cuaca ekstrem yang konsisten dengan apa yang kita harapkan dari perubahan iklim. Ini adalah kenyataan yang harus dihadapi," kata Petteri.

Ia memperingatkan bahwa gelombang panas yang intens akan menjadi lebih sering sebagai akibat dari perubahan iklim.

Laporan serupa tentang tren iklim yang dirilis oleh badan antariksa Amerika Serikat, NASA, serta Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat, NOAA, mengonfirmasi bahwa 2018 merupakan tahun terpanas keempat di zaman modern. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: