Ancaman Wangi Berbahaya di Balik Lilin Aroma Terapi

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
07 Feb 2019   17:00

Komentar
Ancaman Wangi Berbahaya di Balik Lilin Aroma Terapi

Ilustrasi lilin aroma terapi (Istimewa)

Trubus.id -- Menyalakan lilin aroma terapi banyak dipilih seseorang dengan tujuan untuk menenangkan diri. Biasanya lilin aroma digunakan untuk membangun suasana santai. Aromanya yang harum membuat seseorang akan merasa nyaman bila menghirupnya. Aroma yang dihadirkan memang tak tertahankan dan membuat hati tenang.

Tapi tahukah Trubus Mania jika aroma harum tersebut justru menyimpan bahaya dan mengintai penggunanya.

Penggunaan lilin aroma terapi ternyata bisa menimbulkan polusi udara di dalam ruangan. Fakta-fakta tersebut bahkan tak banyak diketahui oleh masyarakat, karena selama ini orang meyakini menghirup lilin beraroma terapi dianggap aman dan tidak membahayakan kesehatan.

"Publik tak banyak tahu soal sumber pencemaran udara dalam ruangan. Padahal, sumber-sumber pencemaran ini juga merusak kesehatan," kata ahli kesehatan Profesor John Sodeau, mengutip Evening Echo, Kamis (7/2).

Baca Lainnya : Lilin Aroma Berbasis Parafin Bisa Sebabkan Kanker dan Asma?

Sejumlah lilin beraroma diketahui terbuat dari parafin. Parafin sendiri merupakan komponen produk tanpa warna dari petroleum.

Penggunaan lilin aroma yang dibakar akan mengeluarkan zat kimia berbahaya, salah duanya adalah benzene dan loluene. Keduanya merupakan karsinogen yang mampu meningkatkan risiko kanker paru pada seseorang yang menghidupnya. Menakutkan bukan?

Fakta mengejutkan lainnya yakni, pewarna dan pewangi buatan yang terkandung dalam beberapa lilin beraroma bisa memicu sakit kepala, asma, hingga infeksi saluran napas.

Inggris menjadi negara dengan pangsa pasar lilin beraroma terbesar di dunia. Dilaporkan, setiap tahun, belanja lilin beraroma di Inggris mencapai 90 juta poundsterling atau lebih dari Rp1 triliun.

Baca Lainnya : Tak Harus Diminun, Menghirup Aroma Kopi Juga Bermanfaat bagi Otak

Meski memiliki peluang ekonomi menjanjikan, Sekretaris Lingkungan, Pangan, dan Urusan Pedesaan Inggris, Michael Gove justru mengibarkan 'bendera perang' terhadap penggunaan lilin beraroma.

Gove memberikan sejumlah catatan bagi para produsen lilin beraroma. Mereka diminta untuk melabeli produknya dengan skema yang meliputi efek samping penggunaan lilin.

Baca Lainnya : Aroma Terapi Sembuhkan Pecandu Narkoba

Ada beberapa catatan yang perlu Trubus Mania perhatikan jika menginginkan aroma ketenangan dari lilin beraroma. Pertama, kamu bisa menggunakan lilin dengan bahan dasar kedelai. Lilin jenis ini hanya menghasilkan satu dari sepuluh jelaga yang biasa ditimbulkan pembakaran parafin.

Selain itu, kamu juga harus memerhatikan bahan pembuat sumbu lilin. Pastikan sumbu terbuat dari kapas. Hal itu membuat jelaga yang dihasilkan lebih sedikit saat dibakar. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Perempuan Ini Jadikan Ayam sebagai Pet Layaknya Anjing

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan:          

Manfaat Dahsyat Jeruk Purut, Obati Kelelahan

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan: