Pahami Tanda Gejala DBD pada Anak

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
07 Feb 2019   12:00

Komentar
Pahami Tanda Gejala DBD pada Anak

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Seperti Trubus Mania perlu ketahui, anak-anak menjadi kelompok yang paling rentan terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Sampai saat ini musim hujan masih terjadi dan penderita DBD di berbagai daerah juga masih tinggi. Untuk itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau agar orang tua harus mengenali gejala dini dari infeksi virus tersebut, untuk melindungi anak-anak dari serangan penyakit mematikan ini.

"Orang tua harus mengenal tanda dini dari infeksi virus DBD yaitu demam tinggi yang tiba-tiba. Misalnya anaknya di pagi mau sekolah baik-baik saja, eh pulang lalu demam panas sekali. Itu yang namanya demam mendadak tinggi seperti itu," terang Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Infeksi dan Penyakit Tropis IDAI, Anggraini Alam, di Jakarta, Kamis (7/2).

Baca Lainnya : Korban DBD di Kupang Capai 305 Kasus

Menurutnya, intensitas demam yang terjadi secara terus menerus meskipun sudah diberikan obat penurun panas.

“Demam mungkin akan turun sebentar namun sekitar dua jam kemudian suhu tubuh anak kembali meningkat. Kelihatannya mukanya itu kemerahan dan badannya pegal-pegal," tuturnya.

Dikatakan Anggraini, jika terjadi ciri tersebut maka harus segera dibawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Yang perlu diperhatikan adalah, saat panas anak turun maka jangan lengah.

Baca Lainnya : Kabupaten Biak Tertinggi Kasus DBD di Provinsi Papua, 2 Meninggal Dunia

“Turunnya suhu tubuh ini bisa berarti anak kembali sehat namun hal terburuk juga bisa menunjukan bahwa anak berada pada fase DBD yang kritis,” ujarnya menambahkan.

Ciri lain yang juga harus diperhatikan yakni, saat anak tiba-tiba keluar darah pada hidung anak (mimisan), mual dan muntah, atau nyeri pada perut.

“Anak yang tiba-tiba kejang dan kesadarannya menurun juga menjadi ciri lain anak terserang virus DBD,” pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Antara Jus dan Smoothies, Mana yang Lebih Bernutrisi?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          

Benarkah Saus Tomat Berbahaya untuk Kesehatan?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: