4 Hal Penting yang Harus Kita Ketahui Soal Suplemen Hewan Piaraan

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
05 Feb 2019   13:00

Komentar
4 Hal Penting yang Harus Kita Ketahui Soal Suplemen Hewan Piaraan

Kucing, ilustrasi (Pixabay)

Melihat hewan piaraan selalu sehat dan ceria adalah impian orang-orang yang mempunyai hewan piaraan atau pet sebagai sahabat. Apalagi jika mereka bisa panjang umur. Karena itu banyak orang yang memperlakukan hewan piaraanya berlebihan dengan memberikan vitamin dan suplemen kepada mereka.

Berdasarkan survey, pada  pada tahun 2014, pemilik hewan peliharaan menghabiskan sekitar $ 541 juta untuk membeli suplemen atau makanan bergizi untuk hewan piaraan mereka. Sebenarnya seberapa perlu kita memberi suplemen kepada mereka?

Berikut adalah empat hal yang perlu Anda ketahui sebelum menambahkan vitamin dan suplemen ke makanan hewan peliharaan Anda.

1. Makanan hewan peliharaan kita kemungkinan sudah cukup.

Rata-rata anjing atau kucing yang sehat tak perlu  suplemen makanan apa pun," kata Dr. Jennifer Monroe, seorang dokter hewan di Rumah Sakit Hewan Eagles Landing di Georgia.

"Sebagian besar makanan hewan peliharaan telah menambahkan vitamin dan mineral ke dalam makanan mereka untuk memberikan nutrisi lengkap dan seimbang untuk hewan peliharaan."

Namun jika Trubus Mania membuat makanan sendiri untuk hewan peliharaan apalagi untuk mereka yang mempunyai gangguan metabolisme atau defisiensi atau kehilangan nafsu makan, multivitamin sangat penting dan sangat bermanfaat," katanya.

Baca Lainnya: Beri Makan 80 Kucing, Pasangan Ini Habiskan Rp340 Ribu Setiap Hari

2. Berapa banyak dosisnya?

Jumlah vitamin yang berlebihan, termasuk vitamin D, dapat menyebabkan penyakit atau bahkan kematian. Vitamin D adalah nutrisi penting untuk anjing, namun mengkonsumsi tingkat tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Jika mengkonsumsi vitamin D berlebihan, anjing dapat menunjukkan gejala seperti muntah, kehilangan nafsu makan, meningkatnya rasa haus, peningkatan buang air kecil, air liur yang berlebihan, dan penurunan berat badan.

Vitamin D, ketika dikonsumsi pada tingkat yang sangat tinggi, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada anjing termasuk disfungsi ginjal. Dokter hewan dapat memberikan informasi dosis dan merekomendasikan formulasi yang tepat untuk hewan peliharaan.

Baca Lainnya: 10 Tahun Menghilang, Kucing Ini Ternyata Tinggal di Rumah Tetangga

3. Suplemen bukan obat 

Monroe memperingatkan, suplemen tidak akan menggantikan makanan hewan peliharaan yang murah, yang sering mengandung lebih banyak lemak, lebih sedikit protein.

"Lebih baik berinvestasi dengan diet yang sehat daripada menebus kekurangan dengan suplemen," katanya.

4. Suplemen dapat menenangkan persendian yang sakit pada hewan peliharaan.

Suplemen sangat diperlukan oleh anjing telah berumur yang mungkin menderita radang sendi. Jika hewan peliharaanmu ragu-ragu untuk naik atau turun tangga, mungkin penyebabnya radang sendi.

Dengan suplemen glukosamin dan kondroitin bisamembantu meringankan sakit lutut.  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Dalam Beberapa Dekade, Serangga Akan Punah

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: