Puluhan Penyu Penjelajah Dunia, Mampir dan Bertelur di Raja Ampat

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
05 Feb 2019   09:01

Komentar
Puluhan Penyu Penjelajah Dunia, Mampir dan Bertelur di Raja Ampat

Penyu beliming, ilustrasi (Pixabay)

Penyu belimbing  (Dermochelys coriacea) adalah salah satu hewan penjelajah dunia. Penyu ini merupakan penyu terbesar di dunia. Penyu belimbing juga dikenal masyarakat dengan sebutan penyu raksasakantong atau mabo. Dalam bahasa inggris disebut Leatherback sea turtle.

Baru-baru ini serombongan penyu belimbing mampir dan bertelur di  Kampung Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, sepanjang 2018. Mereka datang tidak dalam satu kloter, melainkan secara berkelompok-kelompok kecil.

Para Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki mencatat pada Mei 2018 sebanyak delapan ekor Penyu Belimbing mendarat dan bertelur di kawasan Pantai Warebar, Kampung Yenbekaki.

Baca Lainnya: Sejak 1970, Populasi Penyu Laut Raksaksa Terus Terancam, Kok Bisa

Pada Juni sebanyak lima ekor, Juli sebanyak delapan ekor, Agustus sebanyak tiga ekor, September sebanyak tiga ekor, dan Oktober sebanyak empat ekor, Sehingga total 31 ekor penyu raksasa tersebut mendarat dan bertelur di Kampung Yenbekaki.

Ketua Kelompok Penggiat Koservasi Kampung Yenbekaki Yusuf Mayor di Waisai, Papua Barat,  mengatakan sebanyak 31 ekor Penyu Belimbing yang mendarat di kawasan Pantai Warebar sepanjang 2018, bertelur sebanyak 3.706 butir.

Dia mengatakan masyarakat penggiat konservasi penyu kampung Yenbekaki menjaga kawasan Pantai Warebar tempat sarang penyu raksasa tersebut dari serangan predator yang mengincar telurnya.

Baca Lainnya: Mikroplastik Dipastikan Ada Pada Hampir Semua Penyu di Seluruh Dunia

Ia menjelaskan bahwa dari total 3.706 telur penyu belimbing tersebut, sebanyak 1.000 rusak dan berhasil menetas sebanyak 2.706 menjadi tukik. Masyarakat penggiat konservasi penyu kampung Yenbekaki melakukan penangkaran terhadap tukik penyu tersebut agar terhindar dari serangan predator.

"Hasil kerja masyarakat penggiat konservasi penyu Kampung Yenbekaki, Raja Ampat, sepanjang 2018 berhasil melepaskan sebanyak 2.706 ekor tukik penyu raksasa ke laut," ujarnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: