Sudah Coba Teh Jahe Kunyit? Ini 6 Khasiat Super Bagi Tubuh

TrubusLife
Thomas Aquinus | Followers 0
01 Feb 2019   14:15

Komentar
Sudah Coba Teh Jahe Kunyit? Ini 6 Khasiat Super Bagi Tubuh

Ilustrasi air seduhan jahe (Istimewa)

Trubus.id -- Bumbu dapur seperti jahe dan kunyit biasa digunakan sebagai penambah rasa masakan. Namun pernakah Trubus Mania mencampurnya dalam secangkir teh?

Cara membuatnya pun cukup sederhana, hanya siapkan 1 gelas air panas, 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, 1 sendok teh madu atau lemon, 1 sendok teh lada hitam.

Teh jahe kunyit adalah jenis minuman sehat yang terbuat dari jahe dan kunyit. Keduanya memiliki nilai gizi yang sangat kuat meliputi zat besi, kalsium, magnesium dan tembaga. Dilansir dari Standard Media, Jumat (1/2), teh ini juga memiliki enam manfaat hebat bagi tubuh.

1. Cegah Kanker

Teh jahe kunyit bisa mencegah kanker. Jahe terbukti memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker khususnya yang mempengaruhi sistem pencernaan.

2. Perawatan Kulit

Digunakan untuk merawat kondisi kulit khususnya jerawat, eksim dan psoriasis. Jahe dalam teh adalah anti-bakteri dan anti-oksidan yang melindungi kulit dari infeksi sambil merangsang sel-sel baru dan mencegah tanda-tanda penuaan.

3. Memperbaiki Pencernaan

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang kuat dan menenangkan perut, mengurangi mual serta meningkatkan pencernaan yang sehat. Sehingga dapat membantu merangsang gerakan peristaltik dan menghilangkan kram dan kembung, yang juga dapat menghilangkan gejala sembelit. Teh jahe kunyit juga bisa membantu mengobati sindrom iritasi usus, penyakit asam lambung, dan sakit maag.

4. Kontrol Gula Darah

Teh jahe kunyit memiliki kemampuan mengatur gula darah. Ketika dikombinasikan, mereka lebih efektif untuk mengelola gejala diabetes. Dengan menjaga kadar glukosa dan insulin seimbang, teh jahe kunyit mencegah lonjakan berbahaya dan penurunan gula darah tiba-tiba.

5. Manfaat Bagi Otak

Teh jahe kunyit penguat otak. Dan kunyit telah ditemukan untuk meningkatkan kemampuan kognisi dan meningkatkan kekuatan kognitif di otak manusia. Antioksidan yang terkandung dalam dua bahan ini memiliki kemampuan untuk melawan penyakit neurologis tertentu.

6. Tangkal Kolesterol

Teh jahe kunyit juga sebagai pengobatan untuk kolesterol tinggi. Kunyit memiliki nutrisi efek anti-kolesterol karena merangsang pemecahan kolesterol yang mengurangi kadar kolesterol darah dalam tubuh. Sedangkan jahe membantu dalam pencegahan pembentukan bekuan darah dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: