Media Sosial Mampu Cegah Remaja dari Bahaya Rokok dan Alkohol?

TrubusLife
| Followers 0
07 Okt 2017   13:30

Komentar
Media Sosial Mampu Cegah Remaja dari Bahaya Rokok dan Alkohol?

Media sosial bisa menghindari anak dari rokok dan alkohol. (Foto: pixabay.com)

Trubus.id -- Media sosial telah memberi dampak positif pada remaja di Selandia Baru. Mayoritas remaja di Selandia Baru banyak yang beralih hidup sehat menghindari rokok, minuman alkohol, dan obat-obatan terlarang.

Tingkat perokok remaja telah berkurang tiga persen di tahun 2015 dari awalnya 15 persen di tahun 2000. Tingkat remaja mabuk juga berkurang hingga setengah kali lipat selama 11 tahun hingga tahun 2012. Begitu pula penggunaan obat terlarang yang berkurang hingga 23 persen di tahun 2012.

Menurut peneliti, media sosial Snapchat dan Facebook berperan dalam berkurangnya angka tersebut. Hanya saja mereka belum tahu persis bagaimana media sosial mempengaruhi penurunan jumlah perokok, minuman alkohol, dan obat-obatan terlarang.

Jude Ball dari Otago University Wellington menyebutkan penurunan besar dalam perilaku remaja ini terjadi di beberapa wilayah di Selandia Baru.

Dibalik intervensi kesehatan seperti kenaikan pajak pada rokok dan minuman keras, kekuatan media sosial juga mempengaruhi perilaku remaja. Kesibukan remaja berselancar di media sosial ataupun bermain game akan mengurangi waktu mereka untuk merokok, minum minuman alkohol, dan mengonsumsi obat terlarang.

Dr. Theresa Fleming yang merupakan peneliti kesehatan anak muda dari Auckland University mengatakan, media sosial dapat berperan dalam pengurangan perilaku remaja yang berisiko.

Salah satu remaja Selandia Baru usia 18 tahun tidak pernah minum alkohol dan mencoba rokok. “Saya rasa rokok hanya berakibat buruk untuk kesehatan. Saya rasa saya tidak akan menyukainya karena harganya mahal. Saya juga tidak suka alkohol karena rasanya aneh dan saya juga bisa hidup bahagia tanpa harus mabuk,” tandasnya. [WO]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Perempuan Ini Jadikan Ayam sebagai Pet Layaknya Anjing

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan:          

Manfaat Dahsyat Jeruk Purut, Obati Kelelahan

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan: