Udang Vaname, Si Putih Asal Panama yang Bernilai Ekonomi Tinggi

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
31 Jan 2019   06:00

Komentar
Udang Vaname, Si Putih Asal Panama yang Bernilai Ekonomi Tinggi

Udang vaname memiliki potensi untuk dikembangkan karena berbagai keunggulannya. (Istimewa)

Trubus.id -- Rabu (30/1) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri panen raya udang vaname di tambak warga Muara Gembong, Bekasi. Di lahan yang masuk program Perhutanan Sosial itu, Presiden Jokowi sempat membantu petambak memanen hingga tangannya terluka. Namun demikian, hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk mendorong petambak untuk mengembangkan budi daya udang bernama latin Litopenaeus vannamei ini.

Presiden mendorong petambak Muara Gembong mengembangkan budidaya udang jenis ini karena potensi ekspor yang cukup tinggi. Udang vaname sendiri adalah salah satu jenis udang introduksi yang berasal dari Pantai Pasifik Barat Amerika Latin yang kemudian meluas ke Asia.

Baca Lainnya : Jokowi Berharap Udang Vaname dari Muara Gembong Bisa Diekspor

Udang yang dikenal sebagai udang putih ini kemudian baru mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2001. Tak butuh waktu lama, udang itu kini telah menjelma sebagai komoditas potensial yang banyak dikembangkan hampir seluruh wilayah Indonesia.

Bagaimana tidak, udang yang banyak dibilang punya protein tinggi dan rasa daging yang gurih ini sangat digemari oleh masyarakat dalam negeri dan luar negeri. Maka tak ayal ekspor udang vaname selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Lainnya : Sukses Panen, Jokowi Minta Petambak Udang Muara Gembong Belajar dari Kegagalan

Apa yang membuat bisnis udang vaname ini begitu laris manis dan menguntungkan? Udang asal Panama ini memilki kelebihan pada tingkat adaptasi yang baik yang membuat kemungkinan udang mati menjadi kecil. Jika demikian karena kelangsungan hidup udang vaname ini cukup tinggi maka peternak akan terhindar dari kerugian yang besar.

Selain itu, panen udang vaname ini cukup cepat karena udang ini memiliki laju pertumbuhan yang cepat pada bulan pertama dan kedua dari nafsu makan yang tinggi. Bayangkan saja, hanya dalam tempo 15 hari, sejak tebar telur, udang vaname sudah berukuran PL 6 atau post larva yang siap untuk dipanen dan dijual pada petani pembesaran udang vaname. Itulah beberapa kelebihan udang vaname yang sangat potensial untuk dikembangkan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: