Cegah DBD, 4 Tips Berikut Bisa Usir Nyamuk Berbahaya dari Rumah Anda

TrubusLife
Syahroni
29 Jan 2019   07:00 WIB

Komentar
Cegah DBD, 4 Tips Berikut Bisa Usir Nyamuk Berbahaya dari Rumah Anda

Ilustrasi (TheWorldNews)

Trubus.id -- Di beberapa wilayah di Indonesia, laporan adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai merebak. Kondisi ini biasa terjadi saat musim hujan seperti saat ini. Namun demikian, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini sebenarnya bisa dicegah.

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar terhindar dari gigitan nyamuk pembawa penyakit mematikan ini. Dilansir dari Servicesutra, langkah-langkah berikut ini dipercaya bisa menghindarkan kita dan orang tercinta dari penyakit tersebut.

Baca Lainnya : 8 Jiwa Melayang, Manggarai Barat KLB Demam Berdarah Dengue

Genangan Air

Nyamuk biasa hidup di genangan air. Di tempat seperti ini nyamuk-nyamuk pembawa penyakit seperti Anopheles dan Aedes berkembang biak. Karenanya, jika di kediaman kamu ada genangan air, maka segera bersihkan sebelum nyamuk mulai berdiam dan berkembang biak di sana.

Ingat-ingat lagi, ada tidak ember di luar rumah yang bisa jadi tergenang air. Kalau ada, kosongkan atau menutupnya bisa jadi salah satu cara. Ganti juga air dalam vas bungamu secara berkala guna menghindari potensi nyamuk bertelur di sana.

Rutin Buang Sampah

Sampah dan hama pembawa penyakit merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Karena itu, cara mencegah penyakit menjangkiti adalah dengan selalu berusaha menjaga lingkungan tetap bersih. Hindari juga tempat sampah terbuka. Bersihkan rumah dan lingkungan dari sampah adalah hal yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk-nyamuk pembawa penyakit mengigit. 

Baca Lainnya : Musim Hujan Tiba, Demam Berdarah Mulai Mengancam Warga

Memasang Kelambu

Nyamuk Anopheles dan Aedes menularkan penyakit melalui gigitan mereka. untuk itu, menghindari gigitan nyamuk adalah langkah tepat menghindar dari terjangkit penyakit. Cara paling tepat untuk itu adalah dengan memasang kelambu untuk menghalangi nyamuk masuk ke lingkungan kamu. 

Lagipula, tahukah kamu parasit demam berdarah atau nyamuk Aedes menggigit pada siang hari, jadi sangat sulit untuk menutup pintu dan jendela di siang hari. Karena itu, kelambu bisa jadi opsi yang cerdas.

Tanaman Pengusir Nyamuk

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk demam berdarah adalah (selain dengan menyemprot ruangan yang gelap dengan semprotan anti nyamuk) menanam tanaman yang bisa mengusir nyamuk pergi. beberapa tanaman yang bisa mengusir nyamuk yang bisa kamu pakai di antaranya adalah floss flower, basil atau kemangi, catnip, lavender atau sereh. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: