Konsumsi Buah Berlebihan Bisa Membahayakan Kesehatan

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
27 Jan 2019   23:00

Komentar
Konsumsi Buah Berlebihan Bisa Membahayakan Kesehatan

Buah-buahan (Istimewa)

Trubus.id -- Mengonsumsi buah-buahan secara rutin akan memberikan manfaat untuk tubuh. Tapi, mengonsumsi buah-buahan berlebihan bisa membahayakan kesehatan kita loh, Trubus Mania.

Berdasarkan data riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) Kementerian Kesehatan tahun 2018, sekitar 95,5 persen masyarakat Indonesia kurang makan sayur dan buah-buahan. Padahal, buah-buahan lokal khas Indonesia begitu melimpah dan beragam. Tapi, tingkat konsumsi buah di Indonesia masih saja rendah.

"Saat ini, kita harus menambah konsumsi makan buah. Makanan yang paling murah dan sehat adalah buah dan sayuran," ujar Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca Lainnya : Mengupas dan Memotong Buah serta Sayuran Bisa Mengurangi Kandungan Gizi

Tapi, perlu hati-hati. Ada buah-buahan yang mengandung kalium tinggi, bisa mengakibatkan terganggunya kinerja ginjal di dalam tubuh. Itulah yang terjadi pada Wang, pria asal China yang mengalami overdosis karena makan pisang dan jeruk mengandung kalium tinggi.

"Jangan khawatir, buah-buahan lokal Indonesia tidak akan membuat seseorang overdosis. Buah-buahan lokal hanya berisi serat dan air, sekitar 80 hingga 85 persen itu serat," tutur Ahmad. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: