Waspada, Kotoran Landak Mini Bisa Tularkan Salmonela ke Manusia

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
28 Jan 2019   06:00

Komentar
Waspada, Kotoran Landak Mini Bisa Tularkan Salmonela ke Manusia

Landak mini. (Istimewa)

Trubus.id -- Sejak lama, landak mini menjadi hewan peliharaan manusia. Perawakannya yang kecil dan imut, menjadi daya tarik sendiri bagi seseorang yang memeliharanya. Tapi, apakah kalian tahu kalau ternyata, kotoran landak mini menjadi perantara salmonela ke manusia?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan pernyataan bahwa, ada 11 orang di delapan negara bagian terkena wabah salmonela yang kemungkinan diakibatkan landak mini, hewan peliharaan pasien.

Baca Lainnya : Darimana Virus Berasal, Peneliti Punya Jawabannya

10 dari 11 orang yang terkena Salmonella typhimurium mengatakan bahwa mereka melakukan kontak dengan landak mini sebelum sakit. Setidaknya, satu orang dirawat di rumah sakit, tapi tidak ada kematian yang dilaporkan.

Pada 23 Januari lalu, negara-negara bagian di Amerika Serikat yang terkena dampak adalah Colorado, Maine, Minnesota, Mississippi, Misouri, Nebraska, Texas dan Wyoming.

Baca Lainnya : Hati-hati, Kontak Langsung dengan Ayam Bisa Terkontaminasi Virus Berbahaya

“Landak dapat membawa salmonela di kotorannya, walaupun terlihat sehat dan bersih. Bakteri ini dapat dengan mudah menyebar ke tubuh, habitat, mainan, tempat tidur dan apa pun di daerah tempat mereka tinggal,” kata CDC kepada Fox.

Infeksi salmonela dapat menyebabkan diare, muntah, demam dan kram perut. Penyakit ini cenderung terjadi pada orang tua dan bayi. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: