Anggur, Selain Rasanya Enak, Daunnya Juga Bermanfaat Obat

TrubusLife
Karmin Winarta
26 Jan 2019   08:01 WIB

Komentar
Anggur,  Selain Rasanya Enak, Daunnya Juga Bermanfaat Obat

Anggur (Pixabay)

Trubus.id -- Anggur (Vitis vinifera) banyak kita jumpai di sekitar kita. Buahnya yang manis membuat banyak orang gampang menyukai buah yang telah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah ini.Selain rasanya enak, anggur juga menyimpan manfaat sehat yang jarang diketahui banyak orang.

Tanaman ini termasuk tumbuhan merambat, berbentuk semak yang panjangnya bisa mencapai 8 meter. Batangnya berkayu, berbentuk silider berwarna hijau kecoklatan dengan permukaan halus. Daunnya tunggal, berbentuk bundar hingga lonjong dengan tepi bergigi runcing.

Baca Lainnya: White Muscat, Anggur Rasa Mangga yang Kian Populer di Korea

Anggur, selain dimanfaatkan buahnya yang bisa dimakan langsung, daunnya juga bisa dipakai untuk pengobatan. karena daun anggur mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol.

Manfaat buah anggur salah satunya adalah sebagai peluruh kencing, Caranya, ambil daun anggur sebanyak 15 gram. Cuci bersih lalu rebus dengan dua gelas air hingga 15 menit. Ketika sudah dingin saring dan minum dua kali sehari, pagi dan sore.

Baca Lainnya: Anggur Berusia 2000 Tahun Ditemukan di China, Penasaran Rasanya?

Selain itu anggur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pencahar ringan untuk sembeit. Namun harus hati-hati bagi anak-anak sebaiknya tidak makan buah anggur berlebihan. Kitab Tumbuhan Obat menulis, ibu-ibu yang tengah hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini.

Trubus Mania suka anggur jenis apa?

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: