Makin Rendah Polusi Udara di Suatu Negara, Warganya Semakin Bahagia?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
23 Jan 2019   06:00

Komentar
Makin Rendah Polusi Udara di Suatu Negara, Warganya Semakin Bahagia?

Ilustrasi udara bersih bisa bikin orang lebih bahagia. (KCET)

Trubus.id -- Selama bertahun-tahun, China telah berjuang untuk mengatasi tingkat polusi tinggi yang melumpuhkan kota-kota utamanya. Studi baru telah menemukan bahwa polusi udara di negara itu menyebabkan rata-rata 1,1 juta kematian prematur setiap tahun dan biaya ekonominya US$38 miliar. Para peneliti di MIT telah menemukan bahwa, polusi udara di kota-kota China mungkin berkontribusi pada tingkat kebahagiaan yang rendah di antara populasi perkotaan negara itu.

Dalam sebuah makalah dalam jurnal Nature Human Behavior, sebuah tim peneliti dipimpin Siqi Zheng, profesor Asosiasi Tak Tak Lee di Departemen Studi Urban, Perencanaan dan Pusat Real Estat serta Direktur Fakultas MIT China Future City Lab, mengungkapkan bahwa, tingkat polusi yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan tingkat kebahagiaan masyarakat.

Baca Lainnya : Ragam Upaya Menangkal Polusi Udara, Seberapa Efektif?

Makalah ini menyertakan penulis lain yakni Jianghao Wang dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, Matthew Kahn dari Universitas Southern California, Cong Sun dari Universitas Keuangan dan Ekonomi Shanghai serta Xiaonan Zhang dari Universitas Tsinghua di Beijing. Meskipun pertumbuhan ekonomi tahunan naik delapan persen, tingkat kepuasan di antara populasi perkotaan China belum meningkat sebanyak yang diharapkan.

Di samping layanan publik yang tidak memadai, harga rumah melonjak tinggi dan kekhawatiran akan keamanan pangan, polusi udara yang disebabkan industrialisasi di negara itu, pembakaran batu bara dan juga meningkatnya penggunaan mobil, telah berdampak signifikan pada kualitas hidup di daerah perkotaan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Menilik Potensi Kekayaan Sumber Daya Laut Indonesia

Astri Sofyanti   Plant & Nature
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: