Tak Hanya Turunkan Berat Badan, 5 Jenis Diet Ini juga Bisa Lawan Penyakit Loh

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
21 Jan 2019   06:00

Komentar
Tak Hanya Turunkan Berat Badan, 5 Jenis Diet Ini juga Bisa Lawan Penyakit Loh

ilustrasi diet bebas gluten (Istimewa)

Trubus.id -- Sementara diet sering dianggap sebagai cara untuk menurunkan berat badan, mengejar tubuh langsing bukanlah tujuan utama dari semua diet. Beberapa modifikasi sederhana ditujukan untuk meningkatkan tekanan darah dan kesehatan secara keseluruhan yang lebih baik.

Berikut adalah lima diet yang dapat membantu menangkal penyakit dan membantu tubuh menjadi lebih sehat.

Diet indeks glikemik rendah

Diet indeks glikemik didasarkan pada gagasan bahwa karbohidrat yang dapat menyebabkan peningkatan cepat kadar gula darah harus dihindari. Diet ini berfokus pada konsumsi karbohidrat "tepat" untuk menjaga keseimbangan gula darah.

Makanan yang ditekankan termasuk roti indeks glikemik rendah seperti gandum hitam, oatmeal serpihan besar, bekatul gandum, pasta, nasi parboiled, quinoa, kacang, kacang polong, lentil dan kacang-kacangan. Orang-orang juga didorong untuk makan banyak buah dan sayuran, dan sedikit kentang.

Meskipun diet makanan indeks glikemik rendah adalah dasar dari rencana penurunan berat badan, diet ini memiliki dampak yang lebih signifikan pada pasien dengan diabetes tipe 2, atau prediabetes. Diet ini tidak hanya dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes secara keseluruhan, tetapi juga dapat meningkatkan lipoprotein (kolesterol baik) dan mengurangi risiko kardiovaskular secara keseluruhan.

Diet vegetarian

Meskipun diet vegetarian dapat diadopsi karena alasan budaya, agama atau ekologi, pola makan nabati utamanya juga membawa manfaat kesehatan. Menurut American Heart Association, penelitian telah menunjukkan bahwa vegetarian tampaknya memiliki risiko lebih rendah untuk obesitas, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Sebagian besar diet vegetarian, bahkan termasuk telur dan produk susu, sering memiliki lebih sedikit lemak jenuh dan kolesterol dan karbohidrat yang lebih kompleks, serat makanan, magnesium, asam folat, vitamin C dan E dan karotenoid daripada diet yang termasuk daging.

Kekhawatiran bahwa diet vegetarian kekurangan protein dan vitamin esensial dapat diatasi melalui perencanaan makanan yang hati-hati dan diet seimbang, menurut National Institutes of Health.

Diet DASH

"DASH," yang merupakan singkatan dari "pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi," adalah diet yang dipromosikan oleh National Heart Lung and Blood Institute sebagai cara untuk menurunkan tekanan darah. Sebagian besar rencana makannya agak intuitif karena menekankan makanan seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayuran, produk susu bebas lemak atau rendah lemak, gandum utuh, ikan, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Ini juga mengandung lebih sedikit natrium, gula, lemak dan daging merah daripada diet khas Amerika.

Tidak ada resep khusus; Namun, asupan kalori harian dan jumlah porsi yang diperbolehkan harus sesuai dengan usia dan tingkat aktivitas fisik seseorang.

Pengurangan tekanan darah dapat terjadi dengan cepat, sejak dua minggu setelah diet. Sebuah studi acak baru-baru ini oleh para peneliti Universitas Duke pada tahun 2010 yang melibatkan 144 pasien kelebihan berat badan yang tidak diberi obat menunjukkan bahwa diet itu sendiri dapat mengurangi tekanan darah sistolik (angka tekanan darah teratas) sebesar 11 poin dan tekanan darah diastolik sebesar 7 poin.

Dan diet DASH, dalam kombinasi dengan olahraga, dapat mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 16 poin dan tekanan darah diastolik sebesar 10 poin, penelitian menunjukkan.

Diet rendah gluten atau diet bebas gluten

Gluten adalah jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan gandum hitam. Diet yang membatasi atau menghilangkan gluten sering diresepkan untuk pasien dengan penyakit celiac, di mana sistem kekebalan tubuh merespon gluten dengan mengiritasi dan merusak usus kecil. Ini mencegah tubuh menyerap nutrisi penting seperti vitamin, kalsium, protein, karbohidrat, dan lemak.

Selain menghindari gandum dan gandum hitam, orang yang mengikuti diet bebas gluten juga harus menghilangkan banyak roti, pasta, sereal, dan makanan olahan dari makanan mereka.

Diet ketogenik

Diet Ketogenik tidak untuk semua orang. Faktanya, diet yang sangat khusus dan seimbang ini sebetulnya ditujukan untuk penderita epilepsi (terutama anak-anak) yang kejangnya tidak merespon obat-obatan. Mereka yang menjalani diet mematuhi rasio lemak, karbohidrat dan protein yang sangat spesifik: sekitar 80 persen lemak, 15 persen protein, dan 5 persen karbohidrat.

Paket makanan dirancang khusus untuk pasien dan dapat mencakup krim kental, bacon, telur, tuna, udang, sayuran, mayones, sosis, dan makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat lainnya. Pasien tidak boleh makan sayur dan buah bertepung, roti, pasta atau sumber gula sederhana (bahkan pasta gigi mungkin mengandung gula). Efek samping, menurut Mayo Clinic, termasuk sembelit, dehidrasi, kekurangan energi dan kelaparan.

Diet ini, meskipun tidak konvensional, efektif untuk mengendalikan epilepsi. Satu uji klinis yang diterbitkan dalam The Lancet pada 2008 menunjukkan bahwa anak-anak yang menjalani diet ketogenik mengurangi jumlah kejang yang mereka derita lebih dari sepertiga, dibandingkan dengan anak-anak yang tidak melakukan diet. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Lagi Diet Keto, Jangan Lakukan 4 Hal Ini

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: