Sering Makan Kodok Hidup, Otak Pria Ini Dihuni Cacing Pita

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
19 Jan 2019   16:00

Komentar
Sering Makan Kodok Hidup, Otak Pria Ini Dihuni Cacing Pita

Cacing pita, ilustrasi (Vice)

Trubus.id -- Seorang pria di China mengalami infeksi parasit di otaknya akibat cacing pita hidup yang bersarang setelah ia menyantap kodok mentah semasa kecil. Dokter di Changsha, Provinsi Hunan, China baru saja membuang cacing pita dari otak pria bernama Wu tersebut setelah dia dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sakit kepala dan kesulitan berjalan.

Pasien berusia 26 tahun itu mengatakan kepada dokter bahwa dia dulu sempat mengalami patah tulang ketika berusia 9 tahun. Untuk mengobatinya, ia menyantap daging kodok mentah selama beberapa hari karena diyakini dapat menyembuhkan cedera tulang.

Dilansir Daily Mail UK (16/01), Dokter He Guohua selaku ahli neurologi yang menangani Wu, menyatakan bahwa dia kira Wu terkena serangan stroke, namun kemudian Wu mulai mengalami beberapa gejala aneh, termasuk kelemahan otot, kesulitan menelan, berbicara, hingga bergerak.

Baca Lainnya : Apa Beda Katak dan Kodok, 7 Poin Ini Menjelaskannya

Lewat pemeriksaan MRI, akhirnya dokter mendeteksi adanya parasit di batang otak yang menyebabkan infeksi parasit di sana. Akhirnya Wu langsung menjalankan operasi, di mana para dokter berhasil mengangkat cacing pita dari otaknya. Cacing pita ini ternyata sejenis parasit bernama Sparganum mansoni yang biasanya ditemukan di saluran pencernaan kucing, dan anjing.

Di China sendiri, menyantap daging kodok merupakan hal biasa, meski banyak dokter sudah mengingatkan adanya bahaya infeksi parasit dari kebiasaan makan kodok hidup tersebut.

Sebelumnya seorang wanita asal Thailand juga mengalami masalah kesehatan serius setelah bagian tubuhnya dipenuhi oleh cacing, yang ternyata akibat hobi menyantap daging babi mentah. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Lagi Diet Keto, Jangan Lakukan 4 Hal Ini

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan: