60 Persen Spesies Kopi Liar Terancam Punah 

TrubusLife
Ayu Setyowati
18 Jan 2019   18:30 WIB

Komentar
60 Persen Spesies Kopi Liar Terancam Punah 

Biji kopi, ilustrasi (New Food Magazine)

Trubus.id -- Ketika orang berpikir tentang spesies yang terancam dan hampir punah, hewan karismatik seperti harimau dan panda raksasa biasanya menjadi perhatian utama. Tapi perubahan iklim benar-benar menghantam ketika mendarat di cangkir pagi kita. Kopi arabika, kopi favorit dunia, telah mencapai Daftar Merah Spesies Terancam Punah oleh Internasional Union for Conservation of Nature (IUCN). Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Royal Botanic Gardens, Inggris, Kew, 60 persen spesies kopi liar berisiko punah. Penyebabnya? Perubahan iklim, penggundulan hutan, hama dan patogen jamur.

Ilmuwan Kew melakukan penelitian mereka di hutan Afrika dan di pulau Madagaskar. Model komputer mereka memperkirakan bahwa pada akhir abad ini, perubahan iklim dapat menurunkan lahan yang sekarang digunakan untuk produksi kopi Ethiopia sebesar 60 persen. Ethiopia adalah eksportir kopi terbesar di Afrika - nilai ekspor tahunan mencapai US$1 miliar - sekaligus tempat kelahiran kopi Arabika. Kopi Arabika liar adalah persediaan benih penting bagi petani kopi.

Baca Lainnya : Menikmati Secangkir Kopi Khas Sidamanik di Tepi Indahnya Danau Danau Toba

Ini adalah berita buruk bagi pecinta kopi, industri kopi bernilai miliaran dolar, dan para petani yang bergantung pada tanaman ini untuk penghidupan mereka. “Di antara spesies kopi yang terancam punah adalah mereka yang memiliki potensi digunakan untuk membiakkan dan mengembangkan kopi di masa depan, termasuk yang tahan terhadap penyakit dan mampu menahan kondisi iklim yang memburuk,” kata Aaron Davis, kepala penelitian kopi di Kew. “Penggunaan dan pengembangan sumber daya kopi liar bisa menjadi kunci bagi keberlanjutan jangka panjang sektor kopi.”

Studi Kew adalah penilaian Daftar Merah IUCN pertama dari risiko kepunahan terhadap kopi di seluruh dunia. "Angka 60 persen dari semua spesies kopi yang terancam punah sangat tinggi, terutama ketika Anda membandingkannya dengan perkiraan global 22 persen untuk tanaman," kata Eimear Nic Lughadha, pemimpin penelitian senior di departemen konservasi Kew dan ilmuwan terkemuka di Kew unit penilaian pabrik. 

“Beberapa spesies kopi yang dinilai belum terlihat di alam liar selama lebih dari 100 tahun, mungkin sebagian sudah punah. Kami berharap data baru ini akan menyoroti spesies yang akan diprioritaskan untuk keberlanjutan sektor produksi kopi sehingga tindakan yang tepat dapat diambil untuk menjaga masa depan mereka." [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan: