Terapkan Mulai Sekarang, 5 Cara Alami Mencegah Sembelit

TrubusLife
Ayu Setyowati
17 Jan 2019   09:30 WIB

Komentar
Terapkan Mulai Sekarang, 5 Cara Alami Mencegah Sembelit

Roti gandum (Food Network)

Trubus.id -- Susah buang air besar alias sembelit alias konstipasi adalah masalah pencernaan yang paling umum terjadi, yang biasa disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat. Mengonsumsi makanan olahan terlalu sering dan minuman instan berkafein ataupun alkohol juga bisa menjadi pemicu. Jika Trubus Mania mengalami hal ini, berikut 5 cara alami mengatasi susah buang air besar.

Rutin minum air putih 
Minum air putih yang cukup bisa menghindarkan kamu dari gangguan susah buang air besar. Konsumsi air putih minimal 2 liter sehari dapat membersihkan racun-racun dan kotoran dari usus agar lebih mudah terbuang. 

Rajin makan buah 
Konsumsi buah-buahan yang mengandung serat tinggi adalah salah satu cara memperlancar buang air besar. Rutin mengonsumsi buah-buahan seperti pepaya, blueberry, anggur, dan raspberry setiap harinya disebut bisa mencegah sembelit. 

Baca Lainnya : Begini Cara Menyimpan Roti Agar Lebih Tahan Lama

Rutin berolahraga 
Tak perlu olahraga berat, jalan kaki setiap pagi juga bisa mencegah kita mengalami susah buang air besar. Hal ini akan membantu mempercepat sistem metabolisme tubuh sehingga membuat pencernaan dapat bekerja lebih lancar.

Perbanyak sayuran berserat tinggi 
Sayuran seperti bayam, brokoli, jagung, bisa mengurangi susah buang air besar karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga mampu memperlancar susah buang air besar. Pastikan mengonsumsi sayuran berserat tinggi setiap harinya.

Pilih roti gandum 
Roti gandum whole wheat (gandum utuh) merupakan makanan yang juga bisa memperlancar susah buang air besar karena memiliki serat yang cukup tinggi dan juga karbohidrat yang bisa membuat lancar sistem pencernaan. Tapi ingat, penambahan jumlah serat harus dilakukan secara bertahap, agar perut tidak penuh dengan gas dan terasa kembung. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: