Ubur-ubur Berbahaya Invasi Banyak Pantai di Australia 

TrubusLife
Ayu Setyowati
15 Jan 2019   15:00 WIB

Komentar
Ubur-ubur Berbahaya Invasi Banyak Pantai di Australia 

Ubur-ubur bluebottle yang berbahaya bagi manusia. (newshubu)

Trubus.id -- Ubur-ubur bluebottle alias ubur-ubur portugis yang juga dikenal sebagai man of war, telah menginvasi Gold and Sunshine Coasts, Australia. Seminggu terakhir, binatang bernama latin Physalia physalis itu telah menyengat lebih dari 5.000 orang.

Bahkan, banyak dari korban yang saat itu sedang tidak berada di air. Lantaran kondisi gelombang utara-timur yang kuat, ubur-ubur bluebottle telah terbawa ke pantai. Berjalan di atas ubur-ubur, dapat menimbulkan rasa sakit yang hebat.

Baca Lainnya : Menghebohkan, Ribuan Ubur-ubur Terdampar di Pantai, Mengapa?

“Saya belum pernah melihat yang seperti ini. Tidak pernah sama sekali. Tidak semua orang bereaksi dengan sama, tapi ada reaksi yang sangat serius,” kata Jeremy Sturges, petugas penyelamat Surf Life Saving.

Spesies ubur-ubur bluebottle bepergian dalam kelompok. Lifeguards telah menutup beberapa pantai karena selama Desember 2018 dan minggu pertama Januari 2019, lebih dari 22.000 orang mengalami cedera akibat sengatan ubur-ubur bluebottle.

Ilustrasi: Foto: Australian geographic.

Menurut Queensland Ambulance, orang yang tersengat ubur-ubur harus mengambil tentakel binatang tersebut dengan handuk atau benda lain, membilas area yang disengat dengan air laut, menempatkan area yang terkena sengatan dalam air hangat. Jika perlu, gunakan kompres es. Beruntung, belum ada korban jiwa akibat invasi ubur-ubur ini.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Tips Penyembuhan Indera Penciuman Usai Terpapar Covid-19

Health & Beauty   21 Des 2020 - 17:12 WIB
Bagikan: