Hati-hati, Kandungan Gula Bubble Tea Lebih Tinggi dari Minuman Bersoda, Loh

TrubusLife
Ayu Setyowati
15 Jan 2019   07:30 WIB

Komentar
Hati-hati, Kandungan Gula Bubble Tea Lebih Tinggi dari Minuman Bersoda, Loh

Ilustrasi bubble tea. (Istimewa)

Trubus.id -- Milk dan bubble tea sepertinya belum kehilangan penggemar. Terbukti dengan larisnya jenis minuman ini di pasaran, apapun mereknya. Banyak orang cenderung memilih bubble tea dibanding minuman bersoda. Padahal, minuman ini justru mengandung gula dua kali lebih besar dibandingkan minuman bersoda.

Berdasarkan sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh mahasiswa dalam program diploma Applied Food Science and Nutrition di Temasek Polytechnic, Singapura. Para mahasiswa menguji enam merek bubble tea untuk memeriksa kandungan gula di dalamnya. Dengan menggunakan refraktometer untuk melihat berapa jumlah gula yang ada di dalam minuman, tanpa mengujinya di dalam bubble dan topping.

Baca Lainnya : Singapura Larang Penjualan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

Tiga dari lima merek bubble tea yang diuji, menunjukkan kandungan gula sangat tinggi. Winter melon tea mengandung 80 gram gula (16 sdt), brown sugar boba milk tea memiliki kandungan gula sebesar 92,5 gram gula (18,5 sdt) dan bubble milk tea mengandung 102,5 gram (20,5 sdt) gula.

Secara pengukuran, satu sendok teh gula setara dengan 4,2 gram gula. Misalnya saja bubble milk tea dengan 20,5 sdt gula. Setidaknya, ada 86,1 gram gula dalam segelas minuman. Ini belum termasuk tambahan gula dari baha  lainnya. Sebagai perbandingan, sekaleng minuman bersoda mengandung gula sebesar 33 gram.

Baca Lainnya : Ini Alasan Kenapa Gula Rafinasi Disebut Berbahaya

Pelatih kesehatan bersertifikat fungsional kedokteran di The Nutrition Clinic, Bonnie Rogers mengatakan, “Jika kita melihat sifat adiktif gula, tidak mengherankan bahwa minuman ini populer. Banyak orang tua melihatnya sebagai pilihan yang sehat dibandingkan dengan minuman bersoda."

Health Promotion Board (HPB) merekomendasikan seorang perempuan dengan diet harian 1.800 kalori, harus membatasi asupan gula tidak lebih dari 180 kalori yang setara dengan 45 gram gula. [DF]
 

 
 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Serangan Migrain Sebelah Kiri Kepala, Apa Artinya, Ya?

Health & Beauty   12 Des 2019 - 12:16 WIB
Bagikan:          

Lautan Telah Kehilangan Oksigen Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan

Plant & Nature   12 Des 2019 - 15:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: