Ditemukan Ular Piton Aneh, dari Kepala Sampai Ekor Tertutup "Kelereng"

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
13 Jan 2019   08:35

Komentar
Ditemukan Ular Piton Aneh, dari Kepala Sampai Ekor Tertutup

Piton (Istimewa)

Trubus.id -- Seekor ular piton baru-baru ini viral di media sosial karena penampakannya yang aneh. Ular piton yang ditemukan di Australia ini sampai hari ini masih menjadi bahasan netizen. Ular piton dengan kulit bercorak mirip batik itu kulitnya tertutup makhluk aneh dari kepala sampai ujung ekor.

Newsweek.com menulis, ular piton atau ular sanca yang bernama Nike ini  ditemukan tergeletak di kolam renang di pantai Gold Queensland.

Salah seorang petugas pengontrol hama, Tony Harrison (51), tanpa sengaja menemukan ular aneh ini. Laki-laki ini kepada media mengatakan, binatang itu hampir mati pada saat dia menemukannya.

"Tampaknya kondisinya sudah seperti itu selama beberapa bulan," katanya. "Ular ini tidak akan bertahan lebih lama jika kita tidak menemukannya saat itu."

Baca Lainnya: Dua Ekor Ular Sanca Gegerkan Warga Surabaya

Binatang aneh yang menempel di kulit ular piton tersebut adalah parasit sejenis kutu. Menurut Tony, jumlah kutu yang ada di kulit Nike kurang lebih 500. Dia menggambarkan saat memegang ular itu, ia seperti “memegang sekantong kelereng.

"Semua kutu mirip bola-bola kecil yang bergerak di tanganku. ”katanya.

Ia sudah sering menemukan ular dengan kutu, parasit yang biasanya tidak mengancam jiwa ular yang bersangkutan. Ia pun langsung membawa Nike ke klinik hewan, karena ia melihat ada "beberapa generasi kutu" pada Nike yang bisa memenuhi seluruh kulitnya.

Baca Lainnya: Mencekam, Selain Harimau dan Beruang, Kini Ular Piton Raksasa Teror Warga Riau

Ternyata jumlah kutu yang ada pada kulit Nike lebih banyak, karena banyak kutu yang tak terlihat dan perlu penangangan serius dengan perawatan obat.

Ahli ular, Associate Prof Bryan Fry dari University of Queensland mengatakan, ular sering mendapatkan kutu dan parasit serupa di alam liar. Dalam keadaan normal, ia mempunyai pertahanan alami. Dan Nike dinyatakan sangat tidak sehat karena tak memiliki pertahanan tersebut.

Tanpa perawatan, Nike akan binasa,  "kata Profesor Fry.  Sejak penyelamatan ular itu, hewan itu kini telah pulih dengan baik.  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: