Genjer, Tanaman Gulma yang Mampu Menambah Nafsu Makan

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
13 Jan 2019   07:08

Komentar
Genjer, Tanaman Gulma yang Mampu Menambah Nafsu Makan

Genjer (Wikipedia)

Trubus.id -- Genjer, tanaman ini dikenal sebagai gulma atau tanaman pengganggu. Tumbuh di rawa-rawa, sawah atau tempat yang banyak mengandung air. Warga masyarakat memanfaatkan genjer sebagai tanaman yang bisa dimasak sebagai sayur. Sementara bagi orang-orang kreatif, tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk membuat  barang-barang kerajinan tangan.

Namun ternyata genjer (Limnocharis flava) juga menyimpan manfaat sehat. Tanaman yang bisa mencapai tinggi setengah meter ini daunnya mengandung protein, kalsium, zat besi, fosfor, flavonoid dan polifenol.

Baca Lainnya: Meski Mahal, Plum Punya 5 Manfaat Sehat

Karena kandungan zat-zat tersebut, genjer bisa dipakai untuk antibiotik, mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan keracunan jengkol. Jika Trubus Mania ingin mengonsumsi genjer, bisa memanfaatkannya sebagai sayuran, dimasak lalu dihidangkan. 

Bagi mereka yang sedang keracunan jengkol, tanaman ini bisa dipakai sebagai penawar. Caranya ambil daun genjer secukupnya, 5-10 lembar lalu dimakan sebagai lalap.

Baca Lainnya: Sering Dibuang, Bagian Buah dan Sayur Ini Ternyata Kaya Manfaat

Untuk penambah nafsu makan, daun genjer dikukus dahulu, biarkan sampai setengah matang dan dimakan sebagai sayuran atau lalapan. Tanaman dari Amerika ini juga mengandung gizi yang lengkap, diantaranya protein, lemak, karboidrat, mineral dan vitamin.

Tanaman ini juga kaya akan serat. Sangat cocok dimasak tumis, pecel atau campuran gado-gado. Kitab Tumbuhan obat menulis, genjer ini mampu menyerap logam berat, jadi pastikan tumbuhnya di lahan yang bersih.

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

60 Persen Spesies Kopi Liar Terancam Punah 

Ayu Setyowati   Plant & Nature
Bagikan: