Waspada, Nyamuk DBD Mudah Menyerang

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
12 Jan 2019   23:00

Komentar
Waspada, Nyamuk DBD Mudah Menyerang

ilustrasi nyamuk aedes aegypti. (Istimewa)

Trubus.id -- Saat ini, hampir seluruh wilyah di Indonesia memasuki musim hujan. Kondisi ini dikhawatirkan akan menimbulkan banyak genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti pembawa virus dague, penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Sejak akhir Desember 2018 lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima laporan kasus DBD. Ada 22 provinsi mengalami peningkatan kasus DBD, di mana beberapa wilayah masuk kategori kejadian luar biasa (KLB) seperti Kabupaten Kapuas, Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado dan Kabupaten Manggarai Barat.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan jika KLB sudah ditanggulangi oleh tim gerak cepat Kemenkes bersama dinas kesehatan provinsi setempat.

Baca Lainnya : Antibodi Ibu Ganggu Respon Bayi Terhadap Vaksinasi Demam Berdarah

“Kemenkes sudah melakukan penyelidikan sumber penularan DBD dan menyetop penularannya agar KLB tidak meluas,” kata Nadia melalui keterangan resmi Kementerian Kesehatan yang diterima Trubus.id, Sabtu (12/1).

Dikatakan Nadia, masyarakat bisa melakukan pencegahan dengan 3M+.

“Upayanya kita pencegahan. Dari dulu sudah ada gerakan 3M+ yakni menutup semua tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi  dan mendaur ulang barang bekas,” sambungnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Minuman Bubble Tea Tak Menyehatkan, Ini Faktanya

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: