Berendam di Air Dingin, Cara Ampuh Atasi Heat Stroke

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
11 Jan 2019   07:30

Komentar
Berendam di Air Dingin, Cara Ampuh Atasi Heat Stroke

Ilustrasi heat stroke (Imagenesmi)

Trubus.id -- Seharusnya, curah hujan yang tinggi sudah mengguyur Indonesia terus-menerus di bulan Januari ini. Namun kenyataannya, beberapa minggu belakangan cuaca panas kadang masih saja bertahan di antara hari hujan di beberapa kota. Banyak orang tak menyukai cuaca panas karena bisa menyebabkan kulit terbakar dan keringat berlebih, tak jarang juga menyebabkan heat stroke

Dalam beberapa kondisi, cuaca panas memang bisa meningkatkan suhu tubuh dengan sangat cepat. Peningkatan suhu tubuh yang ekstrem ini lah yang dapat memicu berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan panas, salah satunya heat stroke, sebuah kondisi tubuh yang gagal mengatur suhu di tengah cuaca panas yang ekstrem. Ciri-cirinya adalah tubuh terasa begitu panas tetapi tidak ada keringat yang keluar. Bila mencapai titik maksimal, kesadaran diri juga bisa hilang alias pingsan.

Baca Lainnya : Mau Naik Gunung di Musim Hujan? Berikut Tips Mencegah Hipotermia

Mengutip berbagai sumber, pada kasus yang serius, heat stroke bisa menyebabkan cacat permanen, gagal jantung, hingga kematian. Selain karena suhu dan cuaca yang panas, tingkat kelembapan udara juga turut memengaruhi. JIka kamu berada dalam situasi dengan tingkat kelembapan yang tinggi, panas pada tubuh tidak bisa dilepaskan dengan cepat.

Selain itu, usia, kondisi kesehatan yang kurang bugar dan dehidrasi, juga bisa menjadi penyebab munculnya heat stroke. Bila kamu atau orang di sekitar ada yang mengalami heat stroke, berikut beberapa cara untuk membantu mengatasinya. 

Berendam dengan air dingin 
Cara pertama meredakan heat stroke adalah dengan merendam tubuh ke dalam air dingin. Bila tidak punya bathtub, cukup duduk di kursi lalu siramkan air ke tubuh berkali-kali hingga hawa panas di tubuh bisa keluar.

Diam di ruangan bersuhu rendah 
Dalam hal ini, yang paling mudah adalah ruangan ber-AC. Nyalakan AC dan atur kedinginannya pada suhu minimal 16 dan maksimal 20 derajat. Hal ini dapat membantu tubuh menurunkan hawa panas dengan cepat, sehingga penderita heat stroke bisa segera pulih.

Semprotkan air 
Siapkan air dari dispenser dan masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan air tersebut ke tubuh penderita, terutama bagian tubuh yang terkena dampak heat stroke, seperti wajah, lengan, kaki, tangan, dan lain sebagainya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Segudang Manfaat Oatmeal Koloid Sejak Jaman Dulu

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: