10 Menit Olahraga untuk Tingkatkan Daya Ingat

TrubusLife
Thomas Aquinus | Followers 0
09 Jan 2019   17:30

Komentar
10 Menit Olahraga untuk Tingkatkan Daya Ingat

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Dengan 10 menit melakukan olahraga ringan dirasa cukup untuk meningkatkan ingatan Anda. Hal tersebut cukup beralasan karena olahraga dapat meningkatkan konektivitas antarbagian di otak Anda, yang juga akan meningkatkan daya ingat Anda.

Studi yang diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences, mengungkapkan telah mempelajari dampak dari 10 menit latihan ringan pada satu kelompok yang diteliti, termasuk yoga dan tai chi. Hasilnya, diketahui bahwa mereka akan lebih mudah mengingat di mana mereka meninggalkan kunci mobil mereka.

Adapun gagasan di balik penelitian ini adalah menemukan cara sederhana untuk memperlambat proses kehilangan memori dan penurunan kognitif pada orang dengan tingkat aktivitas fisik rendah.

Baca Lainnya : Berendam Air Hangat Sama Efektifnya dengan Berolahraga?

Dikatakannya, bagian otak yang terkena dampak adalah hippocampus — suatu wilayah otak yang kritis terhadap penyimpanan ingatan dan ingatan mereka.

"Hippocampus sangat penting untuk menciptakan ingatan baru. Hippocampus adalah salah satu daerah pertama di otak yang memburuk seiring bertambahnya usia - dan jauh lebih parah pada penyakit Alzheimer," ujar wakil pimpinan proyek, Michael Yassa, profesor UCI dan Chancellor's Fellow of neurobiology & behaviour, seperti dilansir laman India Times.

"Meningkatkan fungsi hippocampus bisa meningkatkan memori dalam pengaturan sehari-hari," seperti laporan Science Daily.

"Apa yang kami amati adalah bahwa periode 10 menit latihan menunjukkan hasil segera sesudahnya,"tandas Yassa. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Daur Ulang Sampah Ternyata Berbahaya Bagi Lingkungan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          

7 Manfaat Kesehatan dari Si Mungil Daun Ciplukan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: