Seberapa Bahaya Bakteri yang Dibawa Sepatu ke Rumah Kita?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
09 Jan 2019   07:30

Komentar
Seberapa Bahaya Bakteri yang Dibawa Sepatu ke Rumah Kita?

Ilustrasi (Kent)

Trubus.id -- Bagi kita orang timur, khususnya Indonesia, melepas sepatu ketika masuk rumah mungkin sudah menjadi budaya. Entah itu untuk alasan kesopanan atau memang nenek moyang kita sudah sadar akan potensi bakteri yang dibawa sepatu. Tapi memang benar, meski mungkin mengingatkan tamu untuk membuka sepatu ketika masuk rumah menjadikan kamu tuan rumah yang cerewet, namun di sisi lain ribuan bakteri akan dengan gembira melompat dari sepatu ke dalam rumah. Tetapi apakah bakteri sepatu adalah sesuatu yang harus kita khawatirkan di rumah kita? 

Pertama-tama, rata-rata sepatu mengandung "ratusan ribu bakteri per inci persegi," menurut Jonathan Sexton, ahli mikrobiologi lingkungan dan spesialis penelitian di University of Arizona. Sol sepatu kita pada dasarnya adalah perantara mikroba, dan dengan setiap langkah yang kami ambil, kita menjemput bakteri baru. 

Tetapi sebenarnya jenis komunitas bakteri apa yang nongkrong di sepatu kita, dan apakah mereka menimbulkan ancaman kesehatan yang serius? Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa hampir semua sepatu dalam beberapa sampel penelitian dilapisi dengan bakteri fecal, termasuk satu yang terkenal bernama Escherichia coli (E.coli), yang peneliti temukan pada 96 persen sol sepatu. 

Baca Lainnya : Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki, Awas Kena Infeksi Jamur

Sementara banyak jenis E.coli tidak berbahaya bagi manusia, beberapa jenis justru dapat menyebabkan diare parah, infeksi saluran kemih dan bahkan meningitis. "Tidak harus pada setiap sepatu, tetapi mayoritas Anda dapat menemukan beberapa jenis E.coli di sana," kata Sexton.

Terlepas dari kuman di mana-mana ini, penelitian lain juga menemukan bukti hal-hal seperti Staphylococcus aureus, yang mendasari berbagai infeksi kulit, dan yang lebih mengkhawatirkan, infeksi darah dan jantung. 

Studi terkemuka lain yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam jurnal Anaerobe mengambil sampel 30 rumah tangga di Houston, Texas, untuk keberadaan Clostridium difficile (C. difficile), bakteri dengan umur panjang yang umumnya menyebabkan masalah usus seperti diare. Dari semua barang-barang rumah tangga yang mereka sampel, para peneliti menemukan bahwa sepatu menyimpan lebih banyak C. difficile bahkan daripada permukaan toilet!

Baca Lainnya : Hati-hati, 19 Jenis Bakteri Bersarang di Uang yang Kamu Pegang Loh

Well, sementara banyak dari kita mungkin ingin memulai kegilaan membersihkan rumah dengan memikirkan sepatu yang bandel, kenyataannya adalah bahwa beban bakteri yang dibawa sepatu kita di dalam ruangan biasanya tidak cukup tinggi untuk membuat rata-rata orang sehat sakit parah. "Untuk individu yang sehat, bakteri pada sepatu kemungkinan tidak menimbulkan risiko," kata Kevin Garey, penulis studi 2014 C. difficile dan profesor di Fakultas Farmasi Universitas Houston. Biasanya, orang yang sehat perlu melakukan kontak dengan ribuan mikroba dari satu strain bakteri berbahaya untuk benar-benar terinfeksi sesuatu, Sexton menambahkan. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: