Penelitian 2 Dekade Ungkap, Anjing Obesitas Lebih Tragis Nasibnya

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
08 Jan 2019   10:00

Komentar
Penelitian 2 Dekade Ungkap, Anjing Obesitas Lebih Tragis Nasibnya

Ilustrasi anjing obesitas. (Ingleside Animal Hospital)

Trubus.id -- Penelitian baru dari WALTHAM Centre for Pet Nutrition dari University of Liverpool dan Mars Petcare mengungkap bahwa anjing yang kelebihan berat badan lebih mungkin memiliki umur yang lebih pendek daripada anjing yang memiliki berat badan ideal.

Hasil dari penelitian, yang dilakukan secara retrospektif selama dua dekade dan diterbitkan dalam Journal of Veterinary Internal Medicine, mengungkapkan umur anjing yang kelebihan berat hingga dua setengah tahun lebih pendek jika dibandingkan dengan anjing dengan berat badan ideal.

Studi ini meneliti lebih dari 50.000 anjing dari 12 ras anjing paling populer. Efek kelebihan berat badan terlihat pada semua ras, meskipun besarnya efek berbeda, mulai dari antara lima bulan lebih sedikit untuk Gembala Jerman jantan hingga dua tahun dan enam bulan lebih sedikit untuk Yorkshire Terrier jantan.

Kualitas hidup yang lebih buruk

Diperkirakan lebih dari seperempat rumah tangga (26%) di Inggris dan hampir setengahnya di AS (47,6%) memiliki seekor anjing. Namun terlepas dari kasih sayang kita terhadap sahabat anjing, kekhawatiran berkembang bahwa banyak pemilik hewan peliharaan tidak menyadari implikasi kesehatan serius dari anjing yang membawa berat tambahan. Obesitas hewan peliharaan terus meningkat, dengan angka terbaru memperkirakan satu dari tiga anjing dan kucing di AS kelebihan berat badan.

Meskipun penelitian ini tidak meneliti alasan di balik kelebihan berat badan pada anjing, kebiasaan makan diduga berperan dalam obesitas pada hewan peliharaan. Menurut survei Better Cities For Pets baru-baru ini, lebih dari setengah (54%) pemilik kucing dan anjing selalu atau sering memberikan makanan hewan peliharaan mereka jika mereka memohonnya, dan hampir seperempat (22%) pemilik kucing dan anjing terkadang makan berlebihan.

Rekan penulis penelitian dan Profesor Kedokteran Hewan Kecil di University of Liverpool Alex German, mengatakan, "Pemilik sering tidak menyadari bahwa anjing mereka kelebihan berat badan, dan banyak yang mungkin tidak menyadari dampaknya terhadap kesehatan. Apa yang mungkin tidak mereka ketahui adalah bahwa, jika peliharaan kesayangan mereka terlalu berat, mereka lebih mungkin menderita masalah lain seperti penyakit sendi, masalah pernapasan, dan jenis kanker tertentu, serta memiliki kualitas hidup yang lebih buruk. Masalah kesehatan dan kesejahteraan ini dapat secara signifikan berdampak pada berapa lama mereka hidup.

"Yang mengkhawatirkan, diperkirakan hanya satu dari lima pemilik hewan peliharaan yang selalu mengukur berapa banyak makanan yang mereka berikan kepada hewan peliharaan mereka, dengan empat dari lima (87%) selalu atau sering hanya memperkirakan jumlah makanan yang mereka pikir dibutuhkan oleh hewan peliharaan mereka pada setiap sajian."

Manajemen berat badan yang sehat

Ketika datang ke pencegahan manajemen berat badan yang sehat lebih baik daripada obatnya, dan untuk mencegah obesitas, kamu harus mendeteksinya lebih awal. Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk memastikan anjing mempertahankan berat badan yang sehat:

1) Bicaralah dengan dokter hewan setempat tentang berat badan ideal anjing - mereka dapat memberi tahu tentang jumlah makanan saat mereka berubah dari anak anjing hingga usia tua.

2) Pastikan mereka mendapatkan cukup olahraga - ini akan tergantung pada ukuran dan jenis ras mereka.

3) Tidak semua makanan manusia aman untuk hewan peliharaan dan beberapa bahkan bisa mematikan.

4) Timbang anjingmu - bahkan sedikit saja kenaikan berat badan dapat berdampak besar pada kesehatan mereka. [RN]

 
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Pro Kontra Perlombaan Gajah di Vietnam

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan: