Telur Puyuh vs Telur Ayam, Mana Lebih Bergizi?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
08 Jan 2019   06:30

Komentar
Telur Puyuh vs Telur Ayam, Mana Lebih Bergizi?

Telur puyuh vs telur ayam (Wallpaper Craft)

Trubus.id -- Hampir semua orang suka makan telur, dengan persentase telur ayam dan telur puyuh yang paling banyak dikonsumsi. Selain mudah diolah, tentu saja kandungan nutrisi pentingnya baik bagi tubuh. Namun, kira-kira mana yang paling sehat dan bergizi, telur ayam atau telur puyuh? Simak ulasan berikut.

Kandungan gizi telur ayam dan telur puyuh

Protein
Dilansir dari Very Well Fit, setiap 50 gram atau sekitar 1 butir telur ayam berukuran besar mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Sedangkan, satu porsi telur puyuh (5 butir) mengandung 6 gram protein dan 71 kalori.

Jika kamu mengonsumsi satu porsi telur puyuh, artinya kamu mendapatkan asupan protein yang sama dengan ketika makan sebutir telur ayam. Kandungan kalorinya pun tak jauh berbeda, hanya terpaut 7 kalori saja. Bukan hanya mirip dalam jumlah kalorinya saja, kandungan vitamin dan mineral pada dua jenis telur ini pun cenderung sama.

Kolesterol
Selama ini kamu mungkin lebih memilih makan telur ayam daripada makan telur puyuh karena bisa bikin kolesterol naik. Namun, apa benar begitu? Faktanya, menurut HelloSehat, setiap 5 butir alias seporsi telur puyuh mengandung 5 gram lemak total, yang terdiri dari 1,6 gram lemak jenuh. Sementara itu, sebutir telur ayam ukuran besar (50 gram) mengandung 5 gram lemak total, dengan 1,5 gram lemak jenuh.

Meskipun perbedaannya tampak sedikit, kandungan lemak jenuh dalam telur puyuh tetap saja lebih tinggi daripada telur ayam. Hati-hati, lemak jenuh ini lah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Karena ukurannya kecil, kamu mungkin tak sadar sudah makan banyak telur puyuh dalam sehari. Nah, hal inilah yang dapat memicu kolesterol tinggi jika tidak segera dikendalikan porsinya.

Jadi, mana yang lebih sehat?

Pada dasarnya, kedua telur ini sama-sama bermanfaat untuk kesehatan. Namun jika dilihat dari kandungan lemaknya, telur ayam cenderung lebih sehat daripada telur puyuh.

Terutama bagi Trubus Mania yang punya kolesterol tinggi, sebaiknya batasi makan telur puyuh. Apalagi karena ukurannya kecil, kamu mungkin sering tidak sadar ketika makan telur puyuh dalam jumlah yang banyak.

Namun, bukan berarti kamu boleh bebas makan banyak telur ayam, karena tetap saja ada kandungan lemak jenuh yang tak boleh disepelekan. Agar lebih aman dan sehat, olah telur dengan cara direbus atau cara lain yang tidak butuh banyak minyak atau margarin. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Polusi Udara Meningkatkan Risiko Diabetes

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: