Diet Mediterania Didapuk Sebagai Diet Terbaik 2019, Mau Coba?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
05 Jan 2019   11:00

Komentar
Diet Mediterania Didapuk Sebagai Diet Terbaik 2019, Mau Coba?

Diet mediterania mengandalkan sumber nabati dan minyak zaitun (Istimewa)

Trubus.id -- Dari 41 jenis diet yang dievaluasi, diet Mediterania yang populer beberapa waktu terakhir, dinobatkan menjadi diet terbaik untuk 2019 oleh US News dan World Report. Diet terbaik ini dipilih melalui serangkaian penilaian dari panel yang terdiri dari ahli penyakit jantung dan diabetes, nutrisi, diet, makanan dan obesitas. Menurut laporan pemerintah dan beberapa sumber lain, mereka juga menganalisis penelitian tentang diet dari jurnal medis. Para ahli lalu memberi peringkat untuk beragam jenis diet dalam tujuh kategori.

Diet Mediterania berhasil menduduki peringkat teratas yang baik untuk kesehatan dan kebugaran, dan menempati posisi terbaik untuk beberapa sub-kategori seperti diet terbaik untuk makanan sehat, diet nabati terbaik, diet terbaik untuk diabetes, dan diet yang paling mudah dijalani.

Penelitian menunjukkan diet Mediterania dapat mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, demensia, depresi, dan kanker payudara. Diet yang terinspirasi dari pola hidup orang di kawasan Mediterania ini juga dikaitkan dengan tulang yang lebih kuat, jantung yang sehat, umur panjang, dan tentu saja penurunan berat badan.

Diet ini menyajikan makanan nabati yang sederhana. Sebagian besar makanan terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan menggunakan minyak zaitun murni. Diet ini sangat jarang mengonsumsi gula dan tepung, apalagi lemak. 

Alih-alih mengonsumsi daging, sumber protein dari diet Mediterania berasal dari ikan, telur, susu, dan unggas. "Diet ini lebih dari diet, ini merupakan gaya hidup," kata ahli diet Mediterania Rahaf Al Bochi kepada CNN.

Tahun ini, diet DASH ada di tempat kedua, di bawah diet Mediterania. Posisi ketiga diet terbaik diisi oleh diet flexitarian, diet nabati yang jarang sekali mengonsumsi daging.

Tiga diet ini memiliki kesamaan yang fokus pada makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

"Makanan nabati yang diproses secara minimal ini disebut-sebut sangat memengaruhi kesehatan. Makanan ini bisa mengurangi peradangan, stres oksidatif, menyeimbangkan bakteri usus," kata dokter ahli gizi Sharon Bergquist. 


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Daur Ulang Sampah Ternyata Berbahaya Bagi Lingkungan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          

7 Manfaat Kesehatan dari Si Mungil Daun Ciplukan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: