1000 WC untuk Wonosobo dari Dr Budi Laksono

TrubusLife
Karmin Winarta
04 Jan 2019   12:30 WIB

Komentar
1000 WC untuk Wonosobo dari Dr Budi Laksono

dr Budi Laksono (Istimewa)

Trubus.id -- Kesehatan yang buruk masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan secepatnya. Sampai hari ini masih  warga yang belum mempunyai WC di rumah. Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2015 menunjukkan, sebanyak 24 juta keluarga di Indonesia tidak memunyai jamban. Pada tahun 2017, jumlah ini menurung menjadi 21 juta keluarga yang belum punya jamban. 

Karena itu dr Budi Laksono, dokter yang berasal dari Semarang ini mendedikasikan hidupnya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan program-programnya. Salah satunya adalah program Jamban Sehat Keluarga.

Baca Lainnya: Lidia Naibaho, Sukses Kembangkan Pertanian Organik Bersama 5000 Petani

Salah satu program yang dilakukan saat ini adalah melakukan pembangunan 1000 WC (Water Closet,) di Wonosobo, Jawa Tengah. Menurut dr Budi yang juga Sekjen International WC For All Organization, program seribu jamban sehat keluarga ini sudah yg kedua. Sebelumnya tahun 2011 juga melakukan hal yang sama.

"Kali ini program jamban sehat keluarga kita laksanakan di empat kelurahan yang berada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Kretek di Garung. 
Wonosobo, " katanya kepada Trubus.id Jumat (4/1).

Baca Lainnya: 72 Tahun Punah, Alfonsa Horeng Bangkitkan Rumah Adat Sikka

Alasan pemilihan Wonosobo, menurut dr Budi yang telah melakukan kerja sosial sejak tahun 2000 ini menjelaskan, Kabupaten Wonosobo adalah wilayah yang miskin dan tertinggal. Selain itu populasi jambannya juga paling rendah. Ketiga adanya mitos yang mengatakan masyarakat sulit bila didorong punya WC.

"Dari situ maka kita coba melakukan program ini, ternyata mitos itu gak ada. Masyarakat bahu membahu bangun WC, " tambahnya.

Dengan program ini dr Budi berharap agar wilayah lain bisa meng-copy-paste, mencontoh sehingga kesehatan masyarakat bisa meningkat.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: