Setelah New Jersey, Negara Bagian Ini Juga Larang Eksploitasi Hewan Sirkus

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
04 Jan 2019   12:00

Komentar
Setelah New Jersey, Negara Bagian Ini Juga Larang Eksploitasi Hewan Sirkus

Gajah dilatih melakukan berbagai akrobat untuk jadi tontonan di arena sirkus (The independent)

Trubus.id -- Baru-baru ini, New Jersey menjadi negara bagian pertama yang melarang penggunaan hewan liar di sirkus. Dan sekarang, hanya seminggu kemudian, Hawaii mengikuti jejaknya.

Beberapa hari lalu, Gubernur Hawaii, David Ige, memberlakukan larangan impor dan penggunaan hewan liar yang berbahaya - seperti harimau, singa, beruang, gajah, buaya dan primata - di sirkus, karnaval, dan pertunjukan sejenis lainnya. Pendukung kesejahteraan hewan senang bahwa dua negara telah mengambil langkah-langkah kuat untuk melindungi hewan.

Baca Lainnya: New Jersey Larang Eksploitasi Hewan untuk Sirkus

"Reformasi di Hawaii dan New Jersey ini telah lama terjadi," kata Kitty Block, CEO Masyarakat Kemanusiaan Amerika Serikat (HSUS), dalam sebuah pernyataan. “Hewan liar yang digunakan dalam pertunjukan keliling mengalami kurungan ekstrem yang berkepanjangan dalam truk dan trailer tanpa ventilasi saat mereka diangkut dari tempat ke tempat selama berbulan-bulan pada suatu waktu.

Ketika mereka tidak “bekerja”, gajah dirantai atau dikurung di kandang kecil dan kucing besar disimpan di kandang transportasi yang hampir tidak lebih besar dari binatang itu sendiri. Hewan-hewan secara rutin kehilangan kebebasan yang memadai, perawatan hewan, atau bahkan makanan dan air biasa. ”

Singa dan harimau juga banyak dijadikan tontonan sirkus (Foto: TreeHugger) 

Hewan sirkus juga sering disalahgunakan. Pelatih akan mencambuk dan memukul mereka untuk membuat mereka melakukan trik, memaksa mereka untuk tunduk melalui rasa takut dan sakit.

Sementara banyak dari pelecehan ini dilakukan selama sesi pelatihan dan disembunyikan dari publik, pelatih telah dikenal sering memukul binatang selama pertunjukan langsung juga.

Berita ini tentunya disambut baik di negara bagian Aloha setelah apa yang terjadi pada Tyke, seekor gajah yang digunakan di sirkus Honolulu pada tahun 1994. Setelah dilecehkan dan dianiaya selama bertahun-tahun, Tyke menganiaya pelatihnya selama pertunjukan langsung, kemudian berlari keluar arena dan ke jalanan. Tyke dikejar oleh polisi dan akhirnya ditembak mati dan dibunuh.

"Tidak perlu melibatkan hewan liar dalam bentuk hiburan langsung apa pun," kata Block. "Terima kasih kepada Gubernur Hawaii David Ige dan Gubernur New Jersey Phil Murphy untuk mengakhiri tahun dengan reformasi besar-besaran ini." Good move! [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: