Ini 5 Manfaat Tersembunyi Mandi Pagi untuk Kesehatan 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
02 Jan 2019   12:00

Komentar
 Ini 5 Manfaat Tersembunyi Mandi Pagi untuk Kesehatan 

Mandi pagi, Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Untuk kamu yang mengaku bukan morning person, bangun pagi bisa jadi siksaan, apalagi mandi pagi. Big no no, right? Memang, bagi banyak orang, mengumpulkan niat untuk mandi memang tak mudah, apalagi mandi pagi. Padahal berdasarkan penelitian dari Universitas Yale, Amerika Serikat, mandi pagi hari mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

Saat pagi hari, air mengandung kadar O3 atau ozon yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Simak yuk, beberapa manfaat mandi pagi untuk kesehatan berikut ini. 

1. Meningkatkan mood 

Mandi pagi dengan air dingin tak hanya membuat tubuh segar, tapi juga sebagai salah satu metode hidroterapi. Mandi pagi juga membantu oksigen mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Department of Radiation Oncology at Virginia Commonwealth University School of Medicine menyatakan bahwa mandi dengan air dingin di pagi hari bisa membantu menstimulasi sumber utama noradrenalin yang terletak di otak. Tercukupinya kebutuhan oksigen di dalam tubuh bermanfaat untuk mengurangi rasa stres dan depresi. 

Baca Lainnya: Ngebir Saat Mandi, Tak Hanya Menyegarkan Tapi Membuat Lebih Cerdas

2. Membantu tubuh cepat terjaga  

Masih ngantuk meski sudah berada di kamar mandi itu wajar. Coba deh langsung mandi pagi dengan air dingin. Tubuh akan langsung terjaga karena saat mandi air dingin, tubuh akan “kaget” sehingga denyut jantung dan asupan oksigen dalam tubuh akan meningkat. Anda pun akan lebih segar.  

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh  

Mandi sebelum subuh ternyata mampu meningkatkan gerakan limfatik, yang merupakan gerakan peningkatan sel darah putih dalam melawan virus dan bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh dengan lebih baik. 

Baca Lainnya: Ternyata, Mandi Tak Perlu Setiap Hari Loh, Ini Penjelasan Ahli

4. Membantu memperlancar peredaran darah 

Perbedaan suhu air dingin dan tubuh yang drastis bisa memicu sirkulasi darah agar mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh. Sehingga tidak heran bila mandi pagi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

5. Membantu meningkatkan kesuburan

Manfaat mandi pagi selanjutnya adalah meningkatkan kesuburan, karena karena bisa memicu tubuh untuk memproduksi hormon testosteron dan estrogen. Produksi hormon yang meningkat juga meningkatkan kesuburan baik setiap orang, laki-laki dan perempuan.  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Daur Ulang Sampah Ternyata Berbahaya Bagi Lingkungan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          

7 Manfaat Kesehatan dari Si Mungil Daun Ciplukan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: