Universitas di Kanada Ciptakan Bubuk CO2 untuk Lawan Perubahan Iklim

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
31 Des 2018   18:00

Komentar
Universitas di Kanada Ciptakan Bubuk CO2 untuk Lawan Perubahan Iklim

CO2 - karbondioksida (Phys.org)

Trubus.id -- Para ilmuwan di University of Waterloo di Ontario, Kanada, telah menciptakan bubuk baru yang dapat menangkap karbon dioksida, dan itu bisa menjadi “alat” baru dalam perang melawan perubahan iklim. Serbuk dapat menyaring dan menghilangkan CO2 pada pembangkit listrik dan pabrik yang ditenagai bahan bakar fosil sebelum dilepas ke atmosfer, dan lebih efisien daripada metode konvensional.

Profesor teknik kimia Zhongwei Chen menciptakan bubuk di labnya sebagai cara baru untuk memanipulasi ukuran dan konsentrasi pori-pori karbon, dan dia mengatakan proses itu bisa memiliki banyak kegunaan, termasuk penyaringan air dan penyimpanan energi.

"Ini akan semakin penting di masa depan," kata Chen, "Kita harus menemukan cara untuk menangani semua CO2 yang dihasilkan dengan membakar bahan bakar fosil."

Baca Lainnya : Dengan ProKlim, Kalimantan Utara Redam Emisi Gas Rumah Kaca Sebesar 14,19 juta ton CO2eq

Ketika molekul CO2 bersentuhan dengan permukaan karbon, ia menempel padanya. Proses ini disebut adsorpsi, dan karena karbon berlimpah, murah, dan ramah lingkungan, sangat cocok untuk penangkapan CO2.

Chen dan ilmuwan lain di University of Waterloo bekerja sama dengan rekan-rekan di berbagai universitas di Cina, dan tujuan mereka adalah meningkatkan kinerja adsorpsi melalui manipulasi ukuran dan konsentrasi pori-pori dalam bahan karbon.

Mereka akhirnya mengembangkan teknik yang menggunakan garam dan panas untuk mengekstraksi bubuk karbon hitam dari materi tanaman. Serbuk ini terbuat dari bola karbon yang memiliki banyak pori yang memiliki diameter kurang dari sepersejuta meter.

"Porositas bahan ini sangat tinggi," kata Chen. “Dan karena ukurannya, pori-pori ini dapat menangkap CO2 dengan sangat efisien. Performanya hampir dua kali lipat. "

Setelah bubuk jenuh dengan karbon dioksida pada sumber besar seperti pembangkit listrik berbahan bakar fosil, bubuk itu dapat diangkut, disimpan, dan dikubur dalam formasi geologi bawah tanah untuk mencegah pelepasan CO2 ke atmosfer. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

60 Persen Spesies Kopi Liar Terancam Punah 

Ayu Setyowati   Plant & Nature
Bagikan: