Yuk, Bikin Sendiri Jamu Tradisional untuk Ternak Sapi

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
31 Des 2018   06:00

Komentar
Yuk, Bikin Sendiri Jamu Tradisional untuk Ternak Sapi

Beberapa bahan untuk membuat jamu tradisional bagi sapi ternak. (Istimewa)

Jamu tradisional untuk hewan ternak menjadi andalan karena lebih murah dan terbukti efektif. Jamu hewan dapat mengobati sapi yang sakit. Selain kembung, penyakit yang kerap menyebabkan kematian sapi adalah cacingan. Penyakit akibat infeksi cacing parasit Taenia saginata itu menyerang sapi lepas sapih sampai dewasa.

Namun, yang paling rentan terjangkit cacingan adalah anak sapi berumur enam hingga delapan bulan. Tanpa tindakan tepat, anak sapi akan mati dalam waktu beberapa minggu. mingguan. Maka dari itu, pengobatan mesti segera dilakukan begitu ternak tampak lemas atau ogah-ogahan makan.

Baca Lainnya : Ayam Ternak Ternyata Juga Butuh Jamu

Jamu untuk sapi ternak bisa dibuat dari campuran buah pinang muda, daun pepaya, rimpang kunyit, daun serai dan temulawak. Untuk memperbaiki rasa ramuan, jangan lupa menambahkan gula kelapa yang disukai sapi.

Untuk membuat jamu bagi sapi ternak, Trubus Mania harus menghaluskan semua bahan dengan blender atau tumbuk halus. Setelah itu, tambahkan sedikit minyak goreng atau minyak kelapa untuk merekatkan jamu. Jamu tradisional bisa diberikan sehari dua kali, setiap pagi dan sore hari. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: