6 Manfaat Sehat Kacang Hijau, Jaga Berat Badan Hingga Turunkan Resiko Osteoporosis

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
28 Des 2018   08:00

Komentar
6 Manfaat Sehat Kacang Hijau, Jaga Berat Badan Hingga Turunkan Resiko Osteoporosis

Kacang hijau memiliki beragam manfaat kesehatan. (Istimewa)

Trubus.id -- Kacang hijau. Trubus Mania mungkin sering melihatnya di warung atau supermarket, namun pasti jarang tertarik untuk membeli dengan alasan malas mengolahnya. Padahal, ada beragam keunggulan dan manfaat kacang hijau untuk mempercantik dan meningkatkan kesehatan tubuh, loh.

Kacang hijau (Vigna radiata) termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber protein yang sangat baik, rendah lemak, dan mengandung serat tinggi serta antioksidan. Kandungan kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K dalam kacang hijau pun tak kalah penting. Ragam nutrisi lain yang ada dalam kacang hijau adalah mangan, selenium, magnesium, dan karbohidrat yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat kacang hijau untuk tubuh

Berikut adalah beragam manfaat kacang hijau yang sayang jika dilewatkan.

Melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko penyakit jantung

Kacang hijau baik untuk memperlancar pencernaan, juga membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran cerna karena kandungan serat makanan dan pati. Bahkan, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa kacang hijau juga bermanfaat dalam membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan diabetes. Ini diduga berkaitan dengan kandungan antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya yang memiliki sifat antiradang.

Membantu menjaga berat badan

Sedang diet? Coba deh masukkan kacang hijau dalam menu dietmu. Karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi, kacang hijau bisa membuat kamu kenyang lebih lama sehingga dipercaya dapat membantu mengontrol napsu makan. Yang akhirnya bisa membuat pola makan menjadi teratur serta menurunkan berat badan berlebih.

Sumber karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh

Meski sering kali dihindari oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan, ternyata karbohidrat penting bagi fungsi dan kesehatan tubuh. Kacang hijau termasuk salah satu sumber karbohidrat yang baik karena berjenis karbohidrat kompleks yang lebih baik untuk kesehatan.

Mengurangi risiko kehamilan bermasalah

Kacang hijau mengandung folat tinggi. Itu sebabnya wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsinya. Pemberian asam folat yang cukup selama masa kehamilan dapat memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah, dan lahir dengan kelainan saraf dan otak (neural tube defect).

Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kacang hijau lainnya adalah memiliki kandungan lemak rendah. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kalori energi dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, konsumsi kacang hijau secara teratur bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

Menurunkan risiko osteoporosis

Kacang hijau adalah anggota dari keluarga tumbuhan polong (legume) di keluarga besar kacang-kacangan, yang mengandung magnesium dalam jumlah yang tak sedikit. Di dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 189 miligram magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kekurangan magnesium dan dapat menurunkan risiko osteoporosis. Menurut penelitian, meningkatkan asupan magnesium dari makanan atau suplemen dapat menambah kepadatan mineral tulang pascamenopause. Selain itu, magnesium juga diduga mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, hipertensi, dan migren.

So, mulailah memasukan kacang hijau ke dalam menu makanan sehari-hari. Tapi batasi penambahan gulanya, ya. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Daur Ulang Sampah Ternyata Berbahaya Bagi Lingkungan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          

7 Manfaat Kesehatan dari Si Mungil Daun Ciplukan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: