Lidah Sebagai Indikator Kesehatan, Apa Cirinya?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
27 Des 2018   06:00

Komentar
Lidah Sebagai Indikator Kesehatan, Apa Cirinya?

Lidah normal umumya berwarna merah muda dengan benjolan kecil di atasnya. (HealthiNation)

Trubus.id -- Berbicara, mencium, menjilat es krim hingga membuat bayi tertawa, salah satu kegunaan lidah. Organ yang sangat luar biasa ini merupakan salah satu dari anggota tubuh dan fungsi yang tidak pernah kita perhatikan terlalu banyak. Padahal, lidah memiliki fungsi penting. Jika melihat lebih dekat, organ berotot yang licin di mulut ini dapat menunjukkan beberapa tanda kesehatan yang cukup penting.

Seperti apa bentuk lidah normal?

Sebelum berbicara tentang gejala yang berbeda, Trubus Mania harus tahu seperti apa lidah yang normal dan sehat. Dr Imogen Bexfield, Direktur Medis di White Swan Aesthetics mengatakan, "Warna lidah akan bervariasi dari orang ke orang. Tetapi umumnya harus berwarna merah muda dengan benjolan kecil di atasnya yang disebut papillae."

Bagaimana jika lidah terlihat berbeda dari yang normal?

Dr Imogen mengatakan jika lidah memerah dan permukaannya halus, menunjukkan kekurangan zat besi atau infeksi virus. Jika melihat ada perubahan pada warna lidah, ada baiknya diperiksa oleh dokter gigi.

Baca Lainnya : 5 Tipe Bau Mulut yang Bisa Deteksi Masalah Kesehatan 

Jika lidah telah mengembangkan lapisan putih

Beberapa orang mungkin mengembangkan lapisan putih pada lidah mereka sebagai akibat dari mulut kering. Hal ini bisa disebabkan oleh obat tertentu atau perubahan yang berkaitan dengan usia.

"Air liur yang berkurang dapat berarti Anda lebih mungkin mengembangkan rongga gigi. Dokter gigi Anda mungkin akan meresepkan pasta gigi dengan fluoride tinggi untuk melindunginya," kata Dr Imogen.

Ia melanjutkan, "Lapisan putih juga dapat menunjukkan lichen planus yang merupakan kondisi peradangan. Dapat membuat gusi menjadi sangat merah dan sakit."

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: