Alergi Pohon Natal dan Cara Mengatasinya 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
25 Des 2018   22:04

Komentar
Alergi Pohon Natal dan Cara Mengatasinya 

pohon natal, ilustrasi (US News)

Trubus.id -- Natal biasanya akan menjadi momen bahagia dan suka cita. Dan pohon natal adalah hal yang paling disenangi saat natal. Bagaimana tidak, menghiasnya saja sudah menjadi kesenangan tersendiri. Namun bagi sebagian orang, pohon natal ternyata bisa menjadi pemicu alergi, loh. 

Pohon natal asli yang berasal dari pohon sungguhan bisa menyimpan serangga, jamur, debu, dan serbuk sari, dan beberapa orang alergi terhadap getah pohon. Namun bukan berarti pohon buatan jadi lepas dari risiko. American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI) memperingatkan bahwa pohon-pohon buatan juga bisa menjadi pemicu alergi karena mereka juga menyembunyikan debu dan jamur.

"Banyak orang tidak menyadari bahwa jamur itu juga tumbuh secara alami di pohon Natal," kata ahli asma dari Inggris, Dr Andy Whittamore, dikutip Express.

Alergi pada pohon natal yang sering disebut sindrom pohon natal menimbulkan alergi dan ini menyebabkan gejala seperti demam, mata dan hidung gatal, nyeri pada dada hingga menimbulkan batuk.

Dikutip dari Very Well Health, alternatif apapun yang kamu pilih, berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi alergen dalam ruangan.

Pohon asli

melaporkan risiko alergi pohon pinus juga dapat terjadi meskipun jarang, karena itu gantilah dengan pohon semisal cemara atau Leyland Cypress. Leyland Cypress adalah pohon hibrida steril, yang berarti tidak menghasilkan serbuk sari.

Jangan lupa untuk menggoyangkan pohon yang dibeli dari pertanian atau kebun untuk menghilangkan beberapa debu yang menempel. Siram juga pohon untuk merontokkan kotoran. Bila pohon natal bisa diletakkan di luar rumah, maka akan lebih baik.

Pohon tiruan 

Seperti pohon asli, pohon tiruan juga dapat menampung debu dan jamur karena pohon menghabiskan banyak waktu di dalam kotak. Bersihkan mereka dengan kain, atau bawa ke luar rumah.

Pilih satu pohon dengan bahan-bahan yang aman bagi kesehatan. Beberapa pohon buatan baru terbuat dari molded polyethylene (PE) bukan PVC, yang mungkin memiliki tingkat lebih rendah dari gas beracun. Selain itu, pohon-pohon ini cenderung lebih mahal daripada pohon PVC.

Atau buat pohon natal alternatif yang memiliki desain modern dan lebih sederhana misalnya Africa Tree (pohon Natal ini terbuat dari potongan baja) atau Etsy (pohon natal yang terbuat dari kardus). Atau, buat pohon natal versimu sendiri dari barang bekas seperti botol plastik. 

Tips menyimpan ornamen

Ornamen natal yang disimpan di dalam kotak sepanjang tahun mungkin juga dilapisi debu atau jamur. Jika memungkinkan, buka bungkusnya di luar untuk menghindari penyebaran debu di dalam rumah. Bersihkan dengan kain lembut sebelum digantung.

Bungkus hiasan dengan kertas baru. Pertimbangkan juga untuk menggunakan lampu saja di pohon atau mungkin dekorasi baru yang sederhana sebagai gantinya.

Bersihkan bunga buatan dengan kain lembut agar debunya tidak menempel terus. Hindari lilin beraroma yang mungkin dapat menyebabkan paru-paru yang teriritasi. Jika kamu menghias rumah dengan permen tongkat atau permen lainnya, pastikan untuk menggunakan permen ramah alergi.
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: