Cara Mudah Mengurangi Sampah Plastik dari Rumah 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
25 Des 2018   18:00

Komentar
Cara Mudah Mengurangi Sampah Plastik dari Rumah 

Sampah plastik di laut, ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa tahun terakhir, menjadi semakin jelas bahwa plastik sekali pakai memiliki dampak buruk terhadap lingkungan - terutama di lautan. Dan jika kita tidak mulai membuat beberapa perubahan sekarang, tidak akan makan waktu lama sebelum ada lebih banyak plastik di lautan daripada ikan. Solusi untuk masalah yang berkembang ini relatif sederhana - kurangi penggunaan plastik sekali pakai. Namun, pelaksanaan ide sederhana ini bisa sedikit lebih menantang. Jika Trubus Mania ingin membuat 2019 tahun di mana kamu berhenti menggunakan plastik sekali pakai, berikut caranya.

Makanan dan minuman

Cara termudah dan paling jelas untuk memulai adalah dari kemasan makanan dan minuman. Coba pikirkan sebentar berapa banyak plastik sekali pakai di lemari es dan dapur kamu sekarang. Sebagian besar barang belanjaan memang dibungkus plastik sekali pakai, tetapi bukan berarti tak ada pilihan lain.

Kamu dapat membawa tas yang dapat digunakan kembali dan mengisinya dengan buah dan sayuran, alih-alih menggunakan kantong plastik yang disediakan penjual. Juga, cari item yang dikemas dalam kertas atau kardus, bukan plastik. 

Kurangi juga penggunaan gelas plastik setiap kali “jajan kopi” dengan membawa tumbler sendiri. 

Produk rumah tangga

Bicara soal sabun, sampo, deterjen, kosmetik, pisau cukur dan sikat gigi, semuanya pasti dikemas dalam wadah plastik sekali pakai.

Pertimbangkan untuk membuat sabun, sampo dan deterjen cuci sendiri, dan gantilah sikat gigi plastik dengan bambu. Beberapa merek kosmetik bahkan memiliki program isi ulang, dan perusahaan isi ulang pisau cukur ada di mana-mana saat ini.

Manfaat perubahan

Ketika kita mulai melakukan upaya untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, kita tentu akan melihat beberapa perubahan besar dalam hidup. Perubahan terbesar adalah saat kamu makan lebih sedikit makanan olahan. Lebih dari setengah dari rata-rata makanan sehari-hari orang Amerika berasal dari makanan olahan, dan kebanyakan dikemas dalam kemasan plastik sekali pakai.

Perubahan ini tidak hanya mengurangi penggunaan plastik, tetapi juga menghasilkan diet yang lebih sehat.

Dengan itu, artinya kita juga menghemat uang. Ketika kita bisa membuat sabun dan deterjen sendiri dan mengurangi pembelian kemasan botolan, kamu akan menghemat uang dalam jangka panjang. Banyak kedai kopi akan memberi diskon ketika kita menggunakan cangkir yang dapat digunakan kembali, dan membuat makanan dari bahan-bahan segar alih-alih memesan makanan akan jauh lebih mudah bagi dompet.

Kamu juga mungkin mempertimbangkan untuk menanam bahan makanan sendiri di kebun sayuran dan bereksperimen dengan buah-buahan dan sayuran yang sedang musim. 

Mengurangi penggunaan barang plastik sekali pakai membutuhkan rencana, dan itu membutuhkan waktu. Ini bukan gaya hidup yang nyaman, tetapi bermanfaat. Kamu tidak hanya akan memiliki pemahaman baru tentang pekerjaan dan sumber daya yang digunakan untuk menanam dan memanen makanan dan membuat produk yang digunakan setiap hari, tetapi juga akan mengurangi limbah.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: