Wisdom, Burung Albatros Tertua di Dunia yang Masih Aktif Bereproduksi

TrubusLife
Syahroni
23 Des 2018   23:00 WIB

Komentar
Wisdom, Burung Albatros Tertua di Dunia yang Masih Aktif Bereproduksi

Wisdom, burung albatros tertua di dunia yang masih aktif menghasilkan keturunan. (Istimewa)

Trubus.id -- Selama ini kura-kura dianggap dianggap sebagai satu dari beberapa hewan yang mampu berumur panjang. Bahkan beberapa tradisi menjadikan daging kura-kura sebagai resep obat awet muda.

Namun siapa sangka, ternyata burung juga bisa hidup sangat lama. Burung Albatros bernama Wisdom ini contohnya. Burung yang menghuni Suaka Margasatwa Nasional Atol Midway ini kini didapuk sebagai burung tertua di dunia.

Para ahli percaya jika burung ini telah mencapai usia 68 tahun. Burung ini juga telah menelurkan sekitar 30 burung. Para ahli biologi percaya bahwa Wisdom setidaknya berusia 68 tahun, memaksa mereka untuk mengevaluasi kembali usia yang mereka harapkan untuk dilakukan oleh albatros.

Sejatinya, burung ini adalah burung yang akan bertahan dengan pasangannya seumur hidup. Namun jika salah satu dari mereka telah mati, maka pasangannya akan mencari burung lain.

"Dia pertama kali muncul kembali di situs sarang tradisionalnya pada 29 November dan ahli biologi di Midway telah mengkonfirmasi bahwa dia telah meletakkan telur," kata pernyataan dari Layanan Ikan dan Margasatwa AS Wilayah Pasifik.

"Kebijaksanaan dan pasangannya, Akeakamai, kembali ke situs sarang yang sama di Midway Atoll setiap tahun. Para ahli biologi menyebut jenis perilaku ini sebagai kesetiaan situs sarang."

Albatross meletakkan telur tunggal dan menetaskannya selama lebih dari dua bulan sebelum mereka menghabiskan waktu lima bulan lagi untuk mendapatkan status baru setelah menetas.

Selama waktu itu, Wisdom dan Akeakamai akan bergantian untuk duduk di telur atau cenderung betina seperti yang lain mencari makanan di laut.

"Habitat Midway Atoll tidak hanya berisi jutaan burung, ini mengandung banyak generasi dan keluarga dari albatros," kata Kelly Goodale, ahli biologi US Fish and Wildlife Service Refuge.

"Jika kamu bisa membayangkan ketika Wisdom kembali ke rumah dia mungkin dikelilingi oleh apa yang dulunya anak-anaknya dan berpotensi anak-anaknya. Apa reuni keluarga!"

The USFWS mengatakan hampir 70% dari albatros Laysan di dunia dan hampir 40% dari albatros kaki hitam bergantung pada cadangan.

Ada sekitar tiga juta burung di atol, sekitar 1,2 juta di antaranya adalah albatros - menyediakan perlindungan penting bagi burung-burung, sebagian besar spesies yang berisiko karena hilangnya habitat, plastik laut dan praktik penangkapan ikan komersial, menurut WWF. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: