Jepang Akan Kembali Berburu Paus untuk Tujuan Komersial

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
21 Des 2018   13:00

Komentar
Jepang Akan Kembali Berburu Paus untuk Tujuan Komersial

Perburuan ikan paus (Science)

Jepang berencana untuk menarik diri dari International Whaling Commission (IWC) agar dapat melanjutkan berburu raksasa lautan secara komersial, menurut laporan berita dari sumber-sumber pemerintah.

Sementara Jepang telah memburu paus dengan kedok sains sejak tahun 1980-an, ini adalah pertama kalinya dalam 30 tahun bahwa Jepang memburu semata-mata untuk tujuan komersial, Kyodo News melaporkan.

Langkah itu mengundang teguran cepat dari Australia; dan negara-negara antipenangkapan ikan lainnya kemungkinan akan mengutuk rencana tersebut, demikian The Guardian melaporkan. Jepang diperkirakan akan memberikan keputusan akhir mengenai masalah ini pada awal pekan depan.

Baca Lainnya : Seperti Manusia, Paus Pilot Juga Punya Aksen dan Dialek yang Berbeda-beda

Pengumuman ini muncul setelah upaya terbaru Jepang untuk mengejar perburuan ikan paus komersial ditolak pada pertemuan IWC di Brasil pada bulan September. Semua perburuan paus komersial telah dilarang oleh IWC sejak 1984, namun beberapa negara, termasuk Jepang, telah menemukan celah. 

Seperti Norwegia dan Islandia yang menggunakan keberatan teknis untuk menyiasati larangan tersebut, Jepang secara historis mengklaim telah memburu paus untuk tujuan ilmiah, The Guardian melaporkan. Selain itu, beberapa kelompok pribumi diizinkan berburu paus untuk subsisten.

Di masa lalu, Jepang berusaha mendapatkan izin berburu secara komersial hanya untuk paus yang memiliki jumlah yang lebih besar di alam liar, seperti paus minke (Balaenoptera acutorostrata), yang terdaftar sebagai hewan "paling tidak diperhatikan" oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Pro Kontra Perlombaan Gajah di Vietnam

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan: