Seperti Manusia, Paus Pilot Juga Punya Aksen dan Dialek yang Berbeda-beda

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
20 Des 2018   19:30

Komentar
Seperti Manusia, Paus Pilot Juga Punya Aksen dan Dialek yang Berbeda-beda

Seperti manusia, Paus Pilot juga memiliki aksen dan dialek yang berbeda-beda. (Apex Shark Expedition)

Trubus.id -- Pada manusia, kelompok sosial, kota, atau wilayah yang berbeda bisa membuat aksen dan dialek yang berbeda pula. Namun, manusia ternyata tidak sendiri, karena hewan juga diketahui memiliki dialek berbeda.

Sebuah penelitian baru dari Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) yang diterbitkan pada 14 Desember 2018 dalam jurnal Behavioral Ecology and Sociobiologi ini disebutkan bahwa paus pilot bersirip pendek yang hidup di lepas pantai Hawaii juga memiliki jenis dialek vokal mereka sendiri. Temuan ini disebut bisa membantu para peneliti untuk memahami struktur sosial paus yang kompleks.

"Kelompok-kelompok paus pilot semua menggunakan habitat yang sama. Fakta bahwa mereka memiliki repertoar vokal yang berbeda berarti bahwa mereka sengaja tidak bergaul dengan satu sama lain," kata Amy Van Cise, seorang Cendekia Postdoctoral di WHOI dan penulis utama dalam penelitian ini.

Baca Lainnya : Terungkap, Kepribadian Paus Pembunuh Mirip Manusia dan Simpanse  

Temuan ini dapat sangat penting untuk memahami spesies, karena saat ini relatif sedikit hal-hal yang diketahui tentang perilaku sosial mereka.

Dalam penelitian 15 tahun sebelumnya tentang paus Hawaii, Baird dan rekannya mampu memotret, mengidentifikasi, dan mengkategorikan kelompok ikan paus, menciptakan basis data asosiasi. Para peneliti juga mengambil biopsi kulit kecil dari belakang setiap paus yang mereka dekati untuk mengumpulkan informasi genetik.

Berdasarkan data itu, Van Cise menemukan bahwa tingkat terendah dan terkecil organisasi, yang disebut "unit," paus pilot, tampaknya terdiri dari segelintir individu yang terkait langsung. Unit-unit itu bergabung untuk membentuk "kelompok" - pada dasarnya keluarga besar - dan banyak keluarga bersama-sama membentuk "komunitas" ikan paus.

Studi ini didasarkan pada karya sebelumnya Van Cise. Selama beberapa tahun, dia dan tim Baird mengambil perahu kecil di lepas pantai Hawai'i dan Kaua'i Islands untuk mencari paus pilot, mengidentifikasi paus individu, dan merekam panggilan mereka dengan mikrofon bawah laut khusus.

Baca Lainnya : Laut Penuh Polusi Suara, Paus Bungkuk Berhenti Bernyanyi 

Dia juga melanjutkan pengambilan sampel genetik dari hewan. Setelah selesai, Van Cise dan tim sukarelawan dengan susah payah mengelompokkan jenis-jenis individu panggilan paus pada rekaman, menyortir mereka ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda.

"Itu memungkinkan kita secara efektif membuat peta repertoar vokal yang bisa kita taruh di peta struktur sosial ikan paus," katanya.

"Jika dua kelompok sosial terdengar mirip satu sama lain secara akustik, kemungkinan itu berarti bahwa mereka saling berkomunikasi satu sama lain secara teratur, menggunakan habitat yang sama atau tempat berburu dan kebiasaan mencari makan. Ini memberi kita rasa hubungan sosial yang lebih baik antara kelompok paus. Dalam jangka panjang, itu bisa membantu kita memahami keragaman genetik dan evolusi mereka. " tambahnya lagi.

Baca Lainnya : Seperti Manusia, Paus Juga Mengalami Menopause

Bagian terakhir itu sangat penting, kata Van Cise. Dalam setiap keluarga paus, keragaman genetik antara individu tidak besar. Namun, di seluruh populasi paus, ini adalah cerita yang berbeda. Karena itu, katanya, penting untuk melestarikan paus pilot di tingkat keluarga, daripada berfokus pada individu.

"Meskipun paus pilot saat ini tidak terancam punah, mereka masih menghadapi sejumlah ancaman. Mereka diburu di banyak negara di seluruh dunia, dan kami pikir mereka mungkin sensitif terhadap sonar angkatan laut atau suara buatan manusia lainnya di lautan," katanya.

"Ketika Anda mendengar tentang insiden paus massal terdampar di pantai, seringkali paus pilot, karena seluruh kelompok sosial terdampar. Itulah kekuatan ikatan sosial - jika pemimpin kelompok terdampar, maka semua hewan dalam kelompok akan mendamparkan diri mereka sendiri." [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: