Hapus Reputasi Buruk, Begini Cara Melatih Pit Bull yang Benar

TrubusLife
Ayu Setyowati
18 Des 2018   08:00 WIB

Komentar
Hapus Reputasi Buruk, Begini Cara Melatih Pit Bull yang Benar

Melatih kepatuhan anjing pit bull. (Pitbull ParentsĀ )

Trubus.id -- Pit bull (Canis lupus familiaris) punya reputasi buruk, karena banyaknya kasus penyerangan yang terjadi. Padahal, konon ketika dibesarkan dan disosialisasikan dengan baik, pit bull adalah hewan peliharaan yang sangat ramah dan berorientasi pada orang.

Dengan tingkat kekuatan dan energinya yang tinggi, pit bull memang bukan untuk semua orang. Tetapi jika kamu memutuskan bahwa pit bull tepat untukmu, kamu akan menemukan mereka sangat cerdas dan bersemangat untuk belajar. Mereka sering unggul dalam pelatihan kepatuhan dan olahraga anjing.

Sayangnya, apa yang banyak orang tahu tentang pit bull berasal dari berita penyerangnya. Ini adalah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk melakukan upaya ekstra untuk melatih pit bull.

Pit Bull yang terlatih dapat menjadi duta besar untuk rasnya, menunjukkan kepada dunia bahwa dengan rumah dan pelatihan yang penuh kasih, pit bull dapat menjadi hewan peliharaan yang mengagumkan.

Sosialisasi awal adalah kunci

Jika kamu memiliki anak anjing pit bull muda atau berencana untuk mendapatkannya segera, jadikan sosialisasi sebagai prioritas utama. Penting bahwa anjing pit bull belajar untuk merasa nyaman dengan berbagai jenis orang dan situasi dari usia yang sangat dini.

Baurkan dia dengan anak-anak, pria, wanita, dan hewan lainnya. Biarkan dia terbiasa ditangani. Jaga hal-hal positif dan ceria, dan biarkan pit bull mendekati hal-hal baru sendirian. Sosialisasi awal ini adalah komponen paling penting dari program pelatihan anak anjing.

Gunakan penguatan positif untuk melatih pit bull

Tidak ada yang benar-benar berbeda tentang melatih pit bull dibanding jenis anjing lain. Namun, karena kekuatan dan kekuatan otot mereka, pelatihan yang membutuhkan koreksi tali atau hukuman tidak selalu efektif.

Kamu mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan teknik penguatan positif, seperti pelatihan clicker atau pelatihan berbasis hadiah lainnya. Kebanyakan pit bull adalah pembelajar yang bersemangat dan akan senang bekerja untuk hadiah.

Pit bull dan anjing lain

Karena pit bull memiliki sejarah dibiakkan sebagai anjing pelacak, mereka tidak selalu toleran terhadap anjing lain. Penting untuk diingat, bagaimanapun, bahwa setiap anjing adalah individu. Beberapa melakukannya dengan baik di rumah tangga dengan anjing lain, sementara yang lain menunjukkan agresi terhadap anjing lain.

Tidak dapat ditekankan bahwa agresi terhadap anjing tidak sama dengan agresi terhadap manusia. Hanya karena pit bull tidak toleran terhadap anjing lain, bukan berarti dia akan agresif terhadap manusia lain.

Pertimbangkan Sertifikasi Canine Good Citizen

Di Amerika, ada The Canine Good Citizen Programme yang dikembangkan oleh American Kennel Club (AKC), yang melibatkan pengujian anjing pada beberapa keterampilan, dan jika ia lulus ujian, anjing mendapat sertifikat Canine Good Citizen dari AKC.

Untuk lulus tes, pit bull harus tahu beberapa ketaatan dasar, dapat berjalan melalui kerumunan, menerima dibelai oleh orang asing, dan tidak bereaksi terhadap anjing lain yang ia lewati. Sang pemilik pun juga harus menandatangani Janji Pemilik Hewan yang Bertanggung Jawab.

Anjing mana pun dapat mengambil manfaat dari Canine Good Citizen Programme. Untuk pit bull juga dapat memberikan bukti bahwa sang pemilik memiliki hewan peliharaan yang ramah dan berperilaku baik.

Ini adalah sesuatu yang dapat ditunjukkan kepada tuan tanah atau tetangga bukti bahwa pit bull kamu adalah anjing yang baik. Ini hanya satu langkah lagi dalam mengubah persepsi publik tentang pit bull sebagai anjing ganas.

Pelatihan lanjutan dan olahraga anjing

Pit bull biasanya energik dan menyenangkan untuk dilatih. Banyak dari mereka melakukannya dengan baik dalam pelatihan kepatuhan dan olahraga anjing, seperti ketangkasan atau Rally Obedience. Kegiatan ini adalah cara yang bagus untuk bersenang-senang dan terikat dengan Pit Bull Anda dan memperkuat tingkah lakunya yang baik pada saat yang bersamaan.

Latihan kepatuhan dan olahraga anjing lanjutan memiliki manfaat tambahan dengan menawarkan kombinasi sempurna dari latihan dan stimulasi mental yang didambakan oleh anjing yang aktif dan cerdas ini. [RN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: