8 Buah yang Dianggap Sayur dan Sebaliknya

TrubusLife
Ayu Setyowati
13 Des 2018   17:00 WIB

Komentar
8 Buah yang Dianggap Sayur dan Sebaliknya

terung (Co+Op)

Sering sekali ada perbedaan pendapat antara ahli botani dengan konsumen mengenai kategori buah dan sayur. Contoh paling sering yang masih dipertanyakan adalah apakah tomat termasuk buah atau sayur. Menurut Trubus Mania bagaimana? Well, dari sudut pandang botani, "buah" mengacu pada apa pun yang berkembang dari ovarium tanaman berbunga, sementara "sayuran" pada gilirannya berlaku untuk semua bagian lain dari tanaman.

Insider memaparkan tentang 10 hasil tanaman yang sering disebut buah namun secara teknis adalah sayuran - dan sebaliknya.

Rhubarb, terasa seperti buah padahal sayuran

Rhubrab (Foto: veseys)

Dikenal karena rasa buahnya, rhubarb adalah makanan pencuci mulut yang populer. Bahkan, penggunaannya dalam hidangan manis seperti kue rhubarb sampai mendorong kasus pengadilan tahun 1947 di mana diputuskan bahwa rhubarb dianggap sebagai buah.

Terlepas dari apa yang mungkin dikatakan oleh sistem hukum, pada kenyataannya, rhubarb adalah sayuran. Hanya batang atau tangkai tanaman yang bisa dimakan. Sedang akar dan daunnya mengandung asam oksalat, zat yang beracun bagi ginjal.

Alpukat adalah buah berry raksasa

Tak banyak perdebatan soal alpukat dianggap sebagai buah, namun Trubus Mania harus tahu bahwa alpukat tepatnya adalah buah berry tunggal, unggulan.

Tomat, sayur atau buah? 

Meskipun mereka secara teknis adalah buah, tomat secara legal didefinisikan sebagai sayuran di AS. Bagaimana tomat, sayuran negara bagian New Jersey, klasifikasinya telah diperebutkan sejak abad ke-19. Pada tahun 1893, Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan di Nix v. Hedden, sebuah kasus yang menyangkut tarif perdagangan sayuran, bahwa tomat harus dianggap sebagai sayuran.

Namun karena mengandung biji, tomat secara teknis termasuk buah dalam pengertian botani.

Jagung bisa dianggap sebagai buah dan sayuran 

Jagung (Foto: daily pakistan global)

Berbagai biji-bijian diklasifikasikan sebagai buah karena berasal dari biji atau bunga tanaman. Jagung dapat dianggap sebagai sayuran jika dinikmati dengan tongkol. Namun, kernel secara individual dipandang sebagai biji-bijian.

Semangka adalah sayuran negara bagian Oklahoma

Seperti labu dan mentimun, semangka - yang sebenarnya adalah sayuran di negara bagian Oklahoma - adalah termasuk famili Cucurbitaceae. Buah yang menyegarkan ini bahkan tumbuh menggunakan sistem produksi sayuran, loh. 

Terong secara botani diklasifikasikan sebagai buah beri 

Berkat benih kecil mereka yang dapat dimakan, terong secara botani diklasifikasikan sebagai buah beri. Seperti tomat dan kentang, mereka milik famili nightshade.

Okra sebenarnya buah 

Okra (Foto: Meijer)

Okra, pada pandangan pertama memang tampak seperti sayur. Namun, polong tanaman, bagian yang kita makan, mengandung biji, membuatnya menjadi tanaman.

Meski gurih, tetapi zaitun adalah buah

Zaitun adalah tambahan yang gurih untuk pizza dan salad, tetapi mereka sebenarnya adalah buah. Tak hanya terbentuk dari ovarium bunga - mereka juga menghasilkan berbiji. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Health & Beauty   10 Juli 2020 - 10:20 WIB
Bagikan: