Mau Naik Gunung di Musim Hujan? Berikut Tips Mencegah Hipotermia

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
11 Des 2018   07:00

Komentar
Mau Naik Gunung di Musim Hujan? Berikut Tips Mencegah Hipotermia

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Tak lama lagi, libur akhir tahun akan segera tiba. Biasanya, banyak orang yang ingin menikmati malam pergantian tahun di atas puncak gunung kan? Nah, karena saat ini musim hujan, ada baiknya kamu-kamu yang ingin melakukan pendakian lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi cuaca dingin yang biasa mengintai di ketinggian.

Salah satu penyakit yang harus diperhatikan saat kegiatan pendakian sendiri adalah Hipotermia. Penyakit ini wajib diwaspadai oleh para pendaki gunung karena bisa menyerang siapa saja. Bahayanya, bila tidak ditangani secara cepat dan tepat bisa, penyakit ini bisa mengakibatkan kematian loh.

Banyak kasus pendaki gunung yang meninggal dunia akibat hipotermia, dan sayangnya orang-orang disekitarnya tidak bisa membantu banyak karena tidak tahu cara mengatasinya.

Definisi Hipotermia

Hipotermia adalah kondisi dimana mekanisme tubuh mengalami drop dan kesulitan saat upaya pengaturan suhu tubuh dalam mengatasi tekanan suhu dingin disekitarnya. Hipotermia terjadi ketika suhu tubuh inti manusia jatuh jauh di bawah suhu tubuh normalnya. Hal ini dapat dengan mudah menimpa orang yang bila terkena angin dingin atau dalam keadaan basah yang terlalu lama. Kondisi ini sering dijumpai khususnya oleh para pendaki gunung.

Biasanya, serangan awal hipotermia dimulai dengan menurunnya suhu tubuh secara drastis. Orang yang terserang Hipotermia akan menggigil sebagai bentuk upaya tubuh menghangatkan diri. Setelah itu, ada masa dimana tubuh kehilangan banyak energi. Saat energi mulai habis, saat itulah fase krisis datang. Di saat-saat seperti ini. jika penderita tidak segera ditolong, bukan tidak mungkin penderita kehilangan nyawa. 

Cara Mencegah Hipotermia

Penyakit Hipotermia bisa menyerang siapa saja. Karena itu ada baiknya mencegah sebelum penyakit ini menyerang kamu. Nah, untuk mencegah serangan hipotermia, berikut tips yang bisa kamu jalani.

  1. Selalu lengkapi pendakian dengan perlengkapan sesuai prosedur pendakian, seperti contohnya jaket gunung (polar didalam, anti air dan anti angin), celana lapangan quickdry yang saat basah cepat mengering, sleeping bag, kaos kaki, sarung tangan polar, raincoat atau jas hujan.
  2. Hindari kontak dengan air secara langsung. Jika hujan turun segera kenakan jas hujan, walaupun hujan yang turun tidak terlalu lebat atau masih rintik-rintik. Hujan yang rintik inilah yang seringkali menjadi penyebab lalainya pendaki yang dengan gengsinya beresiko terserang hipotermia.
  3. Jangan pernah mendaki dengan menggunakan celana jeans. Celana jeans akan sangat sulit kering jika terkena basah baik oleh keringat maupun air hujan.
  4. Jangan berlama-lama mengenakan pakaian basah, pakaian basah adalah faktor utama penyebab turunnya suhu tubuh. Segera ganti dengan pakaian yang kering.
  5. Pastikan tidur dalam kondisi yang hangat, minimal tidak kedinginan. Alasi alas tidur dengan matras, gunakan sleeping bag, lapis tubuh dengan jaket tebal berbahan polar di dalamnya, gunakan kupluk, double kaos kaki, juga pakai sarung tangan polar. Pastikan tidur anda nyaman dan aman dari hawa dingin.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Polusi Udara Meningkatkan Risiko Diabetes

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: