Perubahan Iklim Membuat Hiu Cenderung Gunakan Sirip Kanan

TrubusLife
Ayu Setyowati
09 Des 2018   06:00 WIB

Komentar
Perubahan Iklim Membuat Hiu Cenderung Gunakan Sirip Kanan

Ilustrasi hiu (Daily Mail)

Trubus.id -- Para ilmuwan Australia melakukan snorkeling untuk mencari telur hiu, kemudian menginkubasi telur-telur itu dalam tangki khusus yang dirancang untuk mensimulasikan suhu panas, teknologi akhir abad yang diperkirakan akan digunakan jika perubahan iklim terus berlanjut. Setengah populasi hiu mati dalam waktu satu bulan. Setengah lainnya menjadi cenderung bertangan-kanan (right-handed)

Tim ahli biologi dari Macquarie University di Sydney mengetahui dari penelitian sebelumnya bahwa pemanasan suhu laut mengubah cara ikan tumbuh dan berkembang. Para peneliti ingin mengetahui apakah perubahan ini juga akan memengaruhi perilaku ikan - khususnya, apakah hiu yang dibesarkan dalam tangki yang dipanaskan hingga akhir abad akan menunjukkan preferensi untuk berenang satu arah atau lainnya ketika dihadapkan dengan jalur berbentuk Y. Pada dasarnya, apakah pemanasan global dapat membuat hiu menjadi bertangan kanan atau kiri?

Ya, hiu sebenarnya memang tidak memiliki tangan (mereka memiliki sirip, yang secara genetis tidak begitu jauh dari tangan manusia). Jadi, ketika para ilmuwan berbicara tentang "tangan" kanan dan kiri hiu dan makhluk laut lainnya, mereka berbicara tentang lateralisasi: kecenderungan setengah dari otak hewan untuk secara otomatis mengendalikan perilaku tertentu. 

Baca Lainnya : 11 Ekor Hiu Ditemukan Mati di Raja Ampat, Sirip dan Kulitnya Hilang

Dengan perilaku yang sederhana dan otomatis (misalnya, preferensi kita untuk menulis dengan tangan kanan atau kiri), ini secara teoretis membebaskan energi mental bagi seekor hewan untuk melakukan fungsi-fungsi kognitif yang lebih kompleks. 

Pada ikan, lateralisasi mungkin berarti preferensi dasar untuk berenang dengan cara tertentu, yang dapat membantu mereka mencari makan.

"Karena lateralisasi perilaku adalah ekspresi fungsi otak, itu dapat digunakan sebagai barometer perkembangan dan fungsi otak normal dalam beberapa konteks," para peneliti menulis dalam sebuah penelitian yang diterbitkan musim panas ini dalam jurnal Symmetry. "Yaitu, paparan atau pengembangan di bawah kondisi perubahan iklim."

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan tangki panas dan sekawanan hiu dari perairan lepas Australia Timur, para ilmuwan menemukan bahwa hiu yang diinkubasi pada suhu tinggi menunjukkan preferensi yang kuat untuk berbelok ke kanan. Hiu dalam kelompok kontrol tidak menunjukkan preferensi satu cara atau yang lain.

Baca Lainnya : Tragis, Bayi Hiu Mati Lemas Terbelit Sampah Karung Beras

Hiu yang lahir di perairan panas mungkin akan dipaksa untuk berkembang lebih cepat dan mungkin tertinggal dengan otak yang lebih kecil secara fisik dari hiu yang berkembang di bawah kondisi saat ini, tulis tim tersebut. Dengan sedikit energi mental yang tersisa, hiu mungkin harus mengotomatiskan perilaku tertentu - seperti selalu berputar ke kanan ketika menghadapi rintangan.

Tim Macquarie University telah menyumbangkan otak hiu dalam penelitiannya untuk diperiksa dalam penelitian lebih lanjut. Segera, kita mungkin memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa yang membuat hiu lebih suka menggunakan tangan kanan. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: