Susu Kedelai Berbahaya bagi Ibu Hamil, Kenapa?

TrubusLife
Trubus Life
03 Okt 2017   14:30 WIB

Komentar
Susu Kedelai Berbahaya bagi Ibu Hamil, Kenapa?

Susu kedelai rendah yodium kurang bagus untuk ibu hamil. (Foto: Pixabay/ bigfatcat)

Trubus.id -- Susu sapi merupakan sumber yodium penting untuk kesehatan. Namun penelitian terakhir ini menemukan susu yang terbuat dari bahan nabati seperti susu kedelai dan susu almond mengandung yodium yang rendah cukup berbahaya untuk ibu hamil.

Susu kedelai dan susu almond yang mengandung yodium rendah sangat berpengaruh, terutama untuk ibu hamil lantaran mengganggu perkembangan otak dan kecerdasan sang buah hati.

Sekarang ini banyak orang beralih ke susu kedelai dengan alasan untuk hidup sehat. Ada juga yang alergi terhadap susu sapi sehingga lebih memilih minum susu kedelai. Namun belum banyak konsumen yang sadar bahwa susu bahan dasar nabati seperti kedelai, almond, dan kelapa rendah yodium.

Satu gelas susu sapi mengandung yodium hingga 70 mikrogram, sedangkan susu kedelai hanya mengandung dua mikrogram. Bagi ibu hamil, kekurangan yodium menyebabkan gangguan perkembangan otak dan menyebabkan anak memiliki IQ rendah hingga usia sembilan tahun. 

Maka dari itu beberapa negara menambahkan kandungan yodium pada garam guna mengurangi dampak kekurangan yodium pada penduduk. 

Namun perlu diketahui, susu bukanlah satu-satunya sumber yodium. Masih banyak sumber yodium lainnya seperti makanan laut, terutama ikan. Selain itu, telur juga merupakan sumber yodium yang baik untuk kesehatan. [WO]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: