Aneh, Salamander Raksasa Punya Insang Mirip Pohon Cemara

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
07 Des 2018   21:00

Komentar
Aneh, Salamander Raksasa Punya Insang Mirip Pohon Cemara

Siren reticulata, salamander raksasa. (Science Alert)

Trubus.id -- Salamander rawa dengan bintik-bintik seperti macan tutul dan 'daun pohon cemara' di kepala, sepertinya bersembunyi dari para ilmuwan selama beberapa dekade. Namun para peneliti berhasil menggambarkan keanehan binatang akuatik berkaki dua yang sulit dipahami ini.

Diberi nama Siren reticulata, hewan ini memiliki kemiripan dengan belut daripada salamander karena tubuh panjang dan tanpa kaki belakang. Bahkan, bentuk tubuhnya dan pola tutul membuatnya diberi belut macan tutul, kata para ilmuwan dalam sebuah penelitian baru.

Insang Siren reticulata ini mirip daun pohon cemara. Foto: Science Alert.

Panjang Siren reticulata mencapai 60 sentimeter. Merupakan salah satu hewan terbesar dengan tulang punggung lebih dari satu abad, menurut pembelajaran. Memiliki delapan kaki depan, hewan ini sepenuhnya hidup dalam air.

Baca Lainnya : Setelah Jelajahi Bumi 170 Tahun, Salamander Raksasa di Ambang Kepunahan

Kepala mereka dimahkotai dengan insang eksternal bercabang, struktur yang membantunya mengekstraksi oksigen dari air, menurut David Steen, ahli ekologi, mengatakan pada Live Science.

Siren reticulata pertama kali ditemukan pada abad ke-18 dan ke-19. Namun, sebelum mempelajarinya lebih lanjut, mereka hilang untuk waktu lama karena sulit dideteksi dan diamati di sungai keruh dan rawa, habitat alaminya di Amerika Serikat bagian tenggara.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Tukang Tidur, Ini 7 Hewan Termalas di Dunia

Ayu Setyowati   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: