Rahasia Umur Panjang Kura-kura Raksasa Galapagos

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
07 Des 2018   17:30

Komentar
Rahasia Umur Panjang Kura-kura Raksasa Galapagos

Kura-kura raksasa galapagos. (Pixabay/ JamesDeMers.)

Trubus.id -- Kura-kura raksasa galapagos memiliki varian genetik yang terkait dengan perbaikan DNA, respon kekebalan dan penindasan kanker. Gen yang dimiliki hewan dengan nama ilmiah Chelonoidis nigra ini memberikan petunjuk tentang umur panjang mereka, menurut penelitan yang tebit di jurnal Nature Ecology & Evolution pada Senin (3/12).

Tim peneliti internasional mengurutkan genom dari dua kura-kura tersebut, termasuk Lenosome George, kura-kura raksasa terakhir dari subspesies kura-kura pinta, hewan dengan nama latin Chelonoidis nigra abingdonii yang mati di penangkaran di Pulau Santa Cruz di Galapagos pada tahun 2012.

Baca Lainnya : 61 Persen Spesies Kura-kura di Bumi Punah Akibat Plastik

Pulau Pasifik di lepas daratan Ekuador terkenal akan flora dan fauna unik yang dipelajari Charles Darwin saat dia mengembangkan teori evolusi. Hingga saat ini, sekitar 12 jenis spesies kura-kura raksasa masih menghuni kawasan tersebut.

"Upaya peneliti mengungkap rahasia umur panjang Lonesome George akan membantu pemulihan populasi kura-kura raksasi di kepulauan itu," kata Jorge Carrion, Direktur Taman Nasional Galapagos kepada AFP.

Kura-kura raksasa dapat hidup lebih dari 100 tahun di penangkaran. Mereka tiba di wilayah gunung berapi Galapagos pada tiga hingga empat juta tahun lalu. Dipercaya, arus laut menyebar ke seluruh pulau, menciptakan 15 spesies kura-kura raksasa galapos, di mana tiga di antaranya telah punah. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Tukang Tidur, Ini 7 Hewan Termalas di Dunia

Ayu Setyowati   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: