Gawat, Kotoran Ternak Bisa Berubah Jadi Polusi Amonia Berbahaya

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
07 Des 2018   14:00

Komentar
Gawat, Kotoran Ternak Bisa Berubah Jadi Polusi Amonia Berbahaya

Kotoran hewan ternak. (wiseGeek)

Trubus.id -- Tampaknya, manusia telah meremehkan jumlah kotoran yang dihasilkan hewan ternak. Para ilmuwan mengatakan hal ini karena mereka dapat melihat efeknya dari luar angkasa.

Tapi, bukan kotoran hewan yang sebenarnya. Melainkan amonia yang dibebaskan oleh kotoran hewan ternak. Amonia (NH3) adalah gas limbah tak berwarna yang terbentuk ketika nitrogen dan hidrogen bergabung. Biasa terjadi dalam jumlah kecil di sekitar di alam, tapi paling sering dilepaskan ketika hewan buang air kecil dan kotoran.

Baca Lainnya : PBB: Tingkat Gas Rumah Kaca di Atmosfer Capai Titik Tertinggi Baru

Ketika banyak kotoran hewan mulai membusuk sekaligus di sebuah peternakan industri besar, amonia yang dilepaskan dapat bergabung dengan senyawa lain untuk mencemari udara, air dan tanah. Paparan sumber daya yang tercemar ini dapat menyebabkan penyakit paru-paru dan kematian pada manusia serta gagal panen dan kematian hewan massal.

Melacak dan mengatur emisi amonia dapat membantu mencegah bahaya yang dapat dihindari ini. Tapi, tidak ada cara yang sangat andal untuk melakukannya dalam skala global. Dengan pemikiran itu, tim ilmuwan di Université Libre de Bruxelles (ULB), Belgia, menggabungkan sembilan tahun data satelit untuk membuat peta paling komprehensif dari amonia atmosfer global yang pernah dibuat.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Tukang Tidur, Ini 7 Hewan Termalas di Dunia

Ayu Setyowati   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: