Miliaran Sampah Plastik Hanya Perlu 6 Jam untuk Masuk ke Dalam Tubuh Biota Laut

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
06 Des 2018   16:30

Komentar
Miliaran Sampah Plastik Hanya Perlu 6 Jam untuk Masuk ke Dalam Tubuh Biota Laut

Kerang besar. (flickr)

Kita semakin sadar akan fragmen mikroplastik yang mencemari lautan. Namun, sebuah studi baru menunjukkan seberapa cepat partikel kecil ini dapat menemukan jalan menuju kehidupan laut. Hanya dibutuhkan enam jam untuk miliaran keping materi plastik menyebar di dalam hewan akuatik.

Dilansir dari Science Alert, makhluk malang yang terlibat dalam penelitian ini adalah raja kerang alias kerang besar. Para ilmuwan menggunakan hewan dengan nama ilmiah Pecten maximus yang diletakkan dalam air khusus dan dirancang untuk mencocokkan lautan di dunia dalam hal kandungan plastik.

Baca Lainnya : Kerusakan Ekosistem Laut Indonesia karena Mikroplastik Dibahas di Konvensi Internasional

Setelah enam jam, miliaran partikel berukuran 250 nanometer telah merembes ke usus kerang, menurut studi terbaru. Jumlah partikel 20 nanometer yang lebih tinggi telah menemukan jalan masuk ke seluruh tubuh moluska, termasuk di sekitar ginjal, insang, otot dan organ lainnya.

"Untuk pertama kalinya, hasil penelitian menunjukkan bahwa nanopartikel dapat dengan cepat diserap oleh organisme laut. Hanya beberapa jam, nanopartikel didistribusikan ke sebagian besar organ utama," kata ketua peneliti, Maya Al Sid Cheikh, dari Universitas Plymouth di Inggris.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

6 Bumbu Herba Alami untuk Pengidap Diabetes

Ayu Setyowati   Plant & Nature
Bagikan:          

California Wajibkan Panel Surya bagi Perumahan Baru

Ayu Setyowati   Plant & Nature
Bagikan: